Selasa, 23 April 2024

Tingkatkan Kualitas Perawat, Unusa Perbanyak Workshop dan Uji Kompetensi

Diunggah pada : 18 Januari 2018 14:36:46 1
thumb

Jatim Newsroom – Untuk menciptakan pelayanan kesehatan masyarakat yang unggul dan professional, Universitas Nahdlatul Ulama (Unusa) memperbanyak penyelenggarakan uji kompetensi perawat bagi mahasiswa fakultas kesehatan dan fakultas keperawatan.

Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng mengatakan, uji kompetensi tersebut sangat penting. Karena kegiatan tersebut sejalan  dengan perkembangan ilmu kesehatan masyarakat yang  mengalami peningkatan selama kurun waktu 10 tahun terakhir.

“Bagi tenaga kesehatan meningkatkan kompetensi merupakan suatu kewajiban. Karena kegiatan ini, dapat meningkatkan lulusan perawat yang unggul dan profesional, “ujarnya, Kamis (18/1).

Ia berharap, kegiatan uji kompetensi  mampu menciptakan mahasiswa  bisa menjadi seorang perawat yang handal dan sukses di masa depan. “ Harus ada gerakan baru dalam peningkatan kualitas lulusan kesehatan,” tambahnya.

Salah satu tantangan tenaga kesehatan Indonesia khususnya perawat adalah rendahnya kualitas, seperti tingkat pendidikan dan keahlian yang belum memadai. Pertumbuhan Institusi keperawatan di Indonesia juga menjadi tidak terkendali.

Tentunya hal ini ikut menyumbang penambahan jumlah perawat di Indonesia. Pada UU No. 36 tentang Tenaga Kesehatan Tahun 2014 telah diatur perencanaan, pengadaan, pendayagunaan tenaga profesi, registrasi dan perizinan tenaga kesehatan, dan penyelenggaraan profesi tenaga kesehatan dalam hal ini termasuk profesi keperawatan. (mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait