Jumat, 29 Maret 2024

Tingkatkan Kesejahteraan dan Turunkan Kemiskinan Jadi Sasaran Strategis Dinsos Jatim

Diunggah pada : 13 Januari 2021 18:01:07 22

Jatim Newsroom - Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) menjadi tugas utama Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim. Untuk mencapai tujuan tersebut, Dinsos Provinsi Jatim memiliki dua sasaran strategis, yakni, meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.
 
Kepala Dinsos Sosial Provinsi Jatim, Dr Alwi MHum, Rabu (13/1/2021) mengatakan, hal ini sejalan dengan Pekerjaan Rumah (PR) besar Provinsi Jatim yang memiliki angka kemiskinan cukup tinggi. Oleh karena itu, Dinsos Jatim melakukan kegiatan yang bisa menekan angka kemiskinan.
 
"Ini sesuai prioritas RKPD 2020 dan sejalan dengan Nawa Bhakti Satya yang menjadi visi-misi ibu Gubernur Jatim, terutama Jatim Sejahtera, Jatim Berkah, dan Jatim Harmoni," katanya.
 
Alwi menjelaskan, dalam menjalankan Jatim Sejahtera, Dinsos Jatim melakukan berbagai upaya peningkatan kesejahteraan sosial PPKS dengan memberikan layanan dan berbagai bantuan. Baik PPKS yang berada di dalam Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinsos Jatim maupun yang berada di luar UPT.
 
"UPT Dinsos Jatim melayani klien yang memiliki keterbatasan sosial. Kami berusaha meningkatkan kesejahteraan mereka, melalui pelayanan dasar, pemberian skill, dan bantuan keterampilan. Sementara PPKS yang sudah tidak bisa apa-apa, kami berikan layanan dasar saja," ujarnya.
 
Dinsos Jatim juga memberikan pelayanan bagi PPKS yang berada di luar panti melalui berbagai program. Antara lain, program Program Keluarga Harapan (PKH) Plus, Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB), Desaku Menanti, Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI), dan Jatim Social Care. (her/s) 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait