Jumat, 19 April 2024

Tim Ichiro ITS Raih Penghargaan Mahasiswa Berprestasi di Hakteknas 2018

Diunggah pada : 10 Agustus 2018 18:41:47 4

 

Jatim Newsroom- Tim Robot Soccer Ichiro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mendapatkan penghargaan di acara puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI di Pekanbaru, Riau, mulai 9 – 10 Agustus 2018. Penghargaan ini diserahkan saat acara puncak Peringatan Hakteknas, Jumat (10/8).

Ichiro berhasil meraih anugerah dalam ajang penghargaan Hakteknas ke-23 ini untuk kategori Mahasiswa Berprestasi.

Hal ini didasarkan atas prestasinya yang menjadi juara pertama kategori Humanoid League Teensize Soccer Competition pada kompetisi robot soccer tingkat dunia RoboCup 2018 di Montreal, Kanada pada Juli 2018 lalu. Untuk itu, atas prestasi yang didapatkan, Tim Ichiro ITS ini juga mewakili sebagai produk riset dan inovasi di tingkat mahasiswa.

Pada penganugerahan Hakteknas 2018 ini dihadiri langsung oleh Menristekdikti Prof Mohamad Nasir PhD, mantan Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, serta Sekjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Ainun Na'im. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur DI Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X dan juga seluruh perwakilan dari instansi pemerintahan, perguruan tinggi serta perwakilan industri di Indonesia.

Dalam arahannya, Nasir mengatakan, dalam menghadapi era industri 4.0 pihak Kemenristekdikti sengaja berupaya terus mendorong kualitas pendidikan tinggi untuk mampu mencetak sumber daya manusia (SDM) yang bagus dan bisa bersaing di tingkat dunia. “Untuk saat ini riset masih banyak dilabel dasar dan terapan, belum mengarah ke inovasi, hanya sebagian kecil saja yang sudah mengarah ke sana,” ujar Nasir. (mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait