Kamis, 28 Maret 2024

Tim Gabungan Latma Eagle Indopura 2018 Berhasil Tanggulangi Kebocoran

Diunggah pada : 21 April 2018 20:15:55 3

Jatim Newsroom - Pada rangkaian Latihan Bersama (Latma) Eagle Indopura 2018, dua tim gabungan berhasil tanggulangi kebocoran pipa di laut. Tim terdiri dari 6 orang Prajurit KRI Diponegoro (DPN) – 365, 6 orang Prajurit KRI Sultan Iskandar Muda (SIM) – 367, serta 10 orang Prajurit perwakilan dari Royal Singapore Navy (RSN).

Latihan peran kebocoran kapal dilaksanakan di Damage Control Changi Naval Base, Singapore. Pada latihan kebocoran yang didampingi delapan orang pelatih dari RSN ini, peserta latihan dihadapkan dengan permasalahan yang diskenariokan bahwa kapal mengalami kebocoran karena tabrakan kapal yang mengakibatkan robek pada lambung kapal  dan kebocoran pipa air laut. 

Dengan semangat seluruh tim berusaha untuk menanggulangi kebocoran tersebut, hingga pada akhirnya kebocoran pada dinding kapal dapat diatasi oleh Tim 1 dengan menggunakan balok penyanggah tunggal. Sedangkan kebocoran pada pipa air laut yang terjadi karena pengeroposan, Tim 2 menanggulangi permasalahan tersebut dengan menggunakan karet dan klem. Kedua Tim hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 30 menit untuk menanggulangi kebocoran tersebut.

“Dari keseluruhan pelaksanaan latihan penanggulangan kebocoran kapal, latihan ini dinyatakan sesuai dengan Standard Operation Procedure (SOP) dan berjalan sesuai dengan rencana yang diharapkan oleh Tim Pelatih dari Royal Singapore Navy (RSN) serta Tim Penilai dari Kolatarmabar,” kata Komandan KRI Diponegoro 365, Letkol Laut (P) Aminuddin Albek melalui rilis diterima JNR, Jumat (20/4).

Ia selaku Dansatgas Eagle Indopura 2018 mengaku bangga kepada seluruh prajurit yang telah melaksanakan latihan peran kebocoran kapal dengan baik dan bersungguh-sungguh. (afr/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait