Jumat, 29 Maret 2024

Taruna AAL Korps Pelaut Latihan Teknis Navigasi 4

Diunggah pada : 18 Februari 2020 15:01:41 41

Jatim Newsroom - Sebanyak 39 taruna dan taruni Korps Pelaut tingkat IV angkatan ke-65, Akademi Angkatan Laut (AAL) mengikuti latihan teknis (lattek) navigasi 4. Lattek dibuka oleh Kepala Departemen Pelaut AAL, Letkol Laut (P) Awang Bawono di gedung Bawean, Deppel AAL, Bumimoro, Surabaya, Selasa (18/2).

Lattek Navigadi 4 yang diikuti 39 Taruna dan Taruni AAL Korps Pelaut ini, akan berlangsung selama sepuluh hari di bawah komando Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Mayor Laut (P) Reynold Steven Langitan.

“Lattek ini meliputi tiga hari pendalaman teori di gedung Andromeda Deppel AAL, empat hari praktek di Brigde Simulator dan tiga hari praktek di laut menggunakan KAL Kadet Vlll-6," kata Kadeppel saat upacara pembukaan Lattek.

Tujuan dari kegiatan Lattek navigasi 4 ini lanjut Kadeppel, adalah agar Taruna memiliki keterampilan tentang penggunaan peralatan navigasi, membuat perencanaan pemanduan dan melaksanakan pemanduan buta (blind pilotage). Hal itu bermanfaat saat kapal berlayar di alur sempit maupun saat kondisi jarak pandang yang terbatas dengan benar dan aman.

Dalam latihan itu juga dipraktekkan organisasi pemanduan buta di anjungan, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan sebagai perwira jaga di kapal perang.

“Meneruskan penekanan dari Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto agar dengan alokasi waktu sepuluh hari latihan dan praktek ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Gunakan waktu secara efektif dan efisien demi tercapainya peningkatan kualitas dan keterampilan dasar Taruna tingkat IV," tegas Kadeppel.

Ia juga menegaskan kepada seluruh peserta dan staf latihan agar selalu memperhatikan faktor keamanan sesuai dengan standart operating procedure. "SOP harus diperhatikan untuk menghindari kerugian personel dan materiil," pungkasnya. (afr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait