Rabu, 24 April 2024

Tanamkan Pendidikan Karakter, Mahasiswa Unair Bentuk Komunitas Belajar Siswa

Diunggah pada : 18 Januari 2018 13:38:00 4
thumb

Jatim Newssroom – Guna mengemban tugas pengabdian masyarakat, mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya mendirikan komunitas belajar siswa yang dinamakan laskar pahlawan. Komunitas ini bergerak dalam memberikan pendidikan karakter pada siswa tingkat SD hingga SMA di Surabaya.

Rizky Ananda Putra, pendiri komunitas Laskar Pahlawan mengatakan, komunitas tersebut tidak hanya mengajarkan materi yang diujikan untuk ujian sekokah tetapi juga mengajarkan pendidikan karakter. Pendidikan karakter dikemas secara menyenangkan, seperti menceritakan kisah inspiratif maupun menyuguhkan tontonan yang memuat nilai-nilai sosial.

Dalam agenda mingguan yang dilakukan setiap hari, Jumat, kegiatan meliputi membahas, membahas materi sekolah, kemudian dilanjut dengan penanaman nilai-nilai edukatif dengan menggunakan media, seperti youtube, film, maupun review buku inspiratif. Kegiatan itu dikhususkan untuk anak SD dan SMP.

“Untuk agenda bulanan, kita berbagi kisah inspirasi melalui kisah-kisah tokoh dan juga memberikan game yang mendidik. Alhamdulillah, kita sudah ada kerjasama dengan salah satu perusahaan,” ujar Rizky yang juga menjabat sebagai Ketua BEM Unair, di Surabaya, Kamis (18/1).

Dalam perajalanannya selama satu tahun, komunitas tersebut sempat mengalami kendala, yaitu  keterbatasan pengajar pasalnya, sebagian besar pengajar adalah mahasiswa yang memiliki jabatan tinggi di kampus. Sehingga, mereka disibukkan dengan berbagai kegiatan. Namun, hal tersebut diminimalisir dengan melakukan open volunteer.

“Sukanya kalau melihat adik-adik datang bareng-bareng dan sudah hadir sebelum pengajar datang. Semangat belajarnya itu yang bikin kita senang. Dukanya, ketika para pengajar pada sibuk ngurusin kegiatan di kampus masing-masing,” tuturnya.

Saat ini, tim inti pengajar berasal dari rekan-rekan Rizky yang tergabung dalam suatu organisasi. Ia mengatakan, kepada siapapun yang bersedia untuk bergabung maka dengan senang hati akan diterima. Ia berharap, tenaga pengajar di Laskar Pahlawan semakin bertambah. Bahkan dia bercita-cita untuk memberikan fasilitas satu murid satu pengajar. (mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait