Kamis, 25 April 2024

Tahun Depan, Ditargetkan Minat Penulis Sastra Naskah Meningkat

Diunggah pada : 11 Desember 2018 15:07:12 2

Jatim Newsroom - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov Jatim siap mendorong program Dewan Kesenian Jatim untuk mencetak penulis muda sastra naskah lakon dengan beberapa kategori. Tahun depan direncanakan sayembara penulis sastra naskah lakon meningkat dibandingkan tahun 2018 yang hanya berjumlah 40 sastra naskah lakon.

Kepala UPT Museum Mpu Tantular Disbudpar Prov Jatim, Edi Irianto, ditemui usai acara penganugerahan sastra naskah lakon di mal city Kota Malang, Senin (9/12) malam mengatakan, 40 naskah yang terkumpul ini termasuk lumayan banyak.

“Melihat antusias peserta yang mengirimkan naskah ini cukup banyak, maka tahun depan akan diselenggarakan lagi. Tentunya, ada tambahan kategori,” ujarnya.

Dia mengharapkan, ke depan lebih banyak lagi kegiatannya sehingga akan memunculkan penulis naskah lakon maupun lainnya.

Ketua DKS Jatim, Taufik Hidayat, mengatakan tujuan diselenggarakan sayembara ini untuk memunculkan seniman-seniman muda yang mampu membuat naskah lakon. “Di Jatim keberadaan para penulis puisi dan cerpen cukup banyak, namun untuk penulis naskah lakon di Jatim sangat langka. Maka dari itu, kita membuatkan sayembara ini,” ujarnya.

Nampaknya, kata dia, peminat yang mengirimkan naskah sastra lakon cukup banyak yakni 40 naskah. Maka dari itu, kemungkinan tahun depan akan digalakkan lagi. “Kalau menurut saya, dalam waktu empat bulan digelar sayembara ini dibilang cukup banyak dengan menghasilkan karya 40 naskah,” tuturnya.

Diharapkan, tahun depan makin banyak yang mengirimkan naskah sastra lakon sehingga Jatim makin kaya seniman sastra naskah lakon.(ris/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait