Sabtu, 20 April 2024

Sukseskan Senam Sehat Lansia, Dinsos Kota Madiun Kembali Kerahkan Pilar Sosial

Diunggah pada : 23 September 2021 6:54:51 18

Jatim Newsroom - Senam bagi lanjut usia (lansia) mulai dilakukan di beberapa kelurahan di Kota Madiun. Salah satunya, di Kelurahan Pandean, Kecamatan Taman, yang menggelar kegiatan tersebut pada Rabu (22/9/2921).

Pada kegiatan ini, Dinas Sosial (Dinsos) PPPA Kota Madiun melibatkan pilar-pilar sosial. Mulai dari Tagana, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), dan Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dikerahkan untuk membantu pelaksanaan senam lansia tersebut.

Salah satu peran pilar sosial, yakni memastikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan. "Lansia yang mengikuti senam diwajibkan memakai masker, cek suhu tubuh, dan cuci tangan terlebih dahulu di air mengalir,” kata Timotius Handoko Setiawan, anggota Tagana Kota Madiun yang bertugas di Kelurahan Pandean.

Menurut Handoko, para lansia tampak antusias dan semangat mengikuti senam yang dipandu oleh instruktur, setelah sekian lama mereka harus diam di rumah.

Sementara, Koordinator dari Dinsos PPPA Suparlin S Sos yang hadir saat itu menjelaskan, yang melaksanakan senam lansia yakni Kecamatan Taman yang terdiri dari sembilan kelurahan. “Sedangkan senam di dua kecamatan lainnya akan dilaksanakan besok dan lusa,” jelasnya.

Dia memaparkan, setiap kelurahan hanya mengundang 55 orang lansia, walau sesungguhnya antusiasme warga lansia yang ingin ikut senam cukup besar.

“Pembatasan ini memang harus dilakukan untuk mematuhi imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19,” imbuhnya.(ern/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait