Kamis, 25 April 2024

Stok Darah di UTD PMI Surabaya Tersedia 2.934 Kantong

Diunggah pada : 25 September 2017 17:17:41 40

Jatim Newsroom–Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya memastikan pada Senin (25/9) stok darah tersedia 2.934 kantong. Relawandan petugas PMI Surabaya rutin menggelar donor darah di berbagai tempat strategis untuk memudahkan masyarakat.

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) UTD PMI Kota Surabaya, Triksi Hendria mengatakan, pihaknya berusaha menyiapkan stok darah agar permintaan dari masyarakat dan rumah sakit tetap tercukupi. Diungkapkan Triksi, jumlah permintaan darah setiap harinya tidak bisa dipastikan sehingga stok darah diupayakan tetap tersedia.

Ia menjelaskan,sebanyak 2.651 stok darah terdiri dari golongan A, B, AB,dan O diantaranya AHF sebanyak 165 kantong darah, FFP sebanyak 746, PCR sebanyak 5, PRC sebanyak 1150, TC sebanyak 687 dan WB sebanyak 181. “Hari ini, kami menggelar di empat lokasi, UTD PMI Surabaya, Water Palace Residance, Fakultas Farmasi Unair dan Taman Bungkul,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Triksi menuturkan PMI Surabaya membutuhkan sebanyak 350 pendonor setiap hari. Jumlah tersebut merupakan rata-rata kebutuhan dan permintaan dari berbagai fasilitas kesehatan.Secara umum masyarakat Kota Surabaya cukup antusias mengikuti donor darah.

Dari total stok darah yang dikumpulkan, sambungnya, sebanyak 60 persen stok darah dikirim ke RSUD dr Soetomo. Sisa stok darah didistribusikan ke rumah sakit lain yang tersebar di Surabaya. PMI Surabaya bahkan mengirim stok darah ke berbagai kabupaten/kota di Jatim.(luk)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait