Selasa, 23 April 2024

Staf Khusus Presiden Untuk Papua Bertemu Gubernur Jatim

Diunggah pada : 20 Agustus 2019 20:20:48 137

Jatim Newsroom - Kepala Staf Khusus (Stafsus) Presiden untuk Papua, Dr Lenis Kogoya secara langsung menemui Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (20/8).

Dimana dalam pertemuan tersebut Gubernur Jawa Timur Khofifah langsung menyuguhkan makanan khas asal Papua, papeda yang merupakan salah satu makanan berupa bubur sagu khas Papua bertekstur lengket dengan rasa yang tawar.

Setelah makan bersama,  Lenis Kagoya juga menemui Ketua Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya, Pieter Frans Rumaseb, serta belasan mahasiswa Papua yang ada di Surabaya. Pertemuan ini langsung digelar pasca kerusuhan di Manokwari dan pengerahan massa di beberapa wilayah Papua, imbas dari adanya dugaan pernyataan dari beberapa warga Jatim yang berbau SARA terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang.

Dr Lenis Kogoya dalam pertemuan tersebut, menyampaikan pertemuan hari ini adalah untuk mempererat tali persaudaraan setelah ada sedikit dinamika yang terjadi. "Kedatangan kami dalam rangka mengatasi hal-hal yang kurang diinginkan kita bersama. Ini musibah atau menghadapi tantangan antara kita sendiri salah paham. Jadi kita ingin kembalikan tali kasih antara kita. Jadi kedatangan kami untuk mencari sahabat. Kalau mencari musuh sekarang di pintu sudah banyak orang tapi mencari sahabat itu susah," imbuhnya.

Menurutnya, musibah yang terjadi ini tidak perlu terjadi karena semua rakyat adalah saudara satu tanah air. Dan, ia menyampaikan pesan dari Presiden untuk saling memaafkan. Ia pun meminta agar mahasiswa Papua yang ada di Jatim agar melupakan masalah ini karena akan ditangani langsung oleh pihak kepolisian. Apalagi semua sudah saling bermaafan. "Masalah ini tutup saja gausah dibahas. Kalau mau bahas, bahas saja strategi memajukan bangsa ini. Persoalan ini jangan dibesar-besarkan," tegasnya.

Lenis berpesan, agar para mahasiswa dimanapun berada harus belajar dengan giat agar bisa menjadi pemimpin berkualitas dikemudian hari. Serta, tidak takut untuk berada di mana saja karena masih kampung halaman yakni Indonesia.

Lenis, juga mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan bercerita di hadapan awak media bahwa Khofifah pernah berkunjung ke kediamannya di Wamena. "Ibu Gubernur ini adalah Mama Papua. Beliau pernah berkunjung dan sekali lagi, terima kasih atas semuanya," ucap Lenis.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan akan terus melakukan komunikasi dengan Papua dan Papua Barat. Rencananya, pihaknya mengusulkan  pengembangan sektor pendidikan dengan konsep sister city. Konsep ini sangat tepat digunakan untuk memperkuat tali persahabatan satu sama lain. 

“Nanti bisa dilakukan pertukaran pegawai. PNS Papua bisa menjadi magang PNS di Jatim selama dua hingga tiga tahun. Ini pembagian peran strategis antara Jatim dengan Papua dan Papua Barat dengan konsep sister province,” pungkasnya. (pca/upn/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait