Selasa, 23 April 2024

Sistem Informasi Legalitas Kayu Tembus Top 99 Sinovik 2018

Diunggah pada : 21 September 2018 5:03:07 4

Jatim Newsroom- Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), berjudul ‘Sistem Inovasi Legalitas Kayu (SILK) berhasil berhasil menembus jTop 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018.

Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono, mewakili KLHK menerima penghargaan bergengsi tersebut, yang diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin di Surabaya kemarin.

"Alhamdulillah, inovasi SILK termasuk di antara 26 inovasi dari kementerian/lembaga, 18 inovasi dari pemerintah provinsi, dan 55 inovasi dari pemkab/pemkot yang mendapatkan predikat ‘TOP 99’," ujar Bambang di kutip di laman Kementerian LHK, Kamis (20/9).

Bambang menyampaikan, bahwa sebelumnya terdaftar sebanyak 2.824 inovasi yang mengikuti tahapan seleksi kompetisi inovasi pelayanan publik tahun 2018. Inovasi SILK yang dikembangkan oleh Ditjen Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL) tersebut merupakan salah satu instrumen dalam implementasi ‘Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK)’.

"Jadi SILK merupakan platform on-line untuk mempermudah para eksportir dalam penerbitan dokumen legalitas kayu (‘Dokumen V-Legal’ dan ‘Lisensi FLEGT’) sebagai salah satu kelengkapan dokumen persyaratan ekspor produk kayu dari Indonesia," jelas Bambang.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara, Syafruddin mendorong inovasi-inovasi yang bersifat lokal dan instansional tetapi potensial untuk diterapkan secara nasional dapat diangkat dan dijadikan program nasional.

"Hal itu sejalan dengan kebijakan Kementerian PANRB yang terus berupaya mendorong terciptanya terobosan untuk meningkatkan pelayanan publik, antara lain melalui pembentukan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik dan pembentukan Mal Pelayanan Publik  untuk rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik di tanah air," kata Syafruddin.

Lebih lanjut, Syafruddin menyatakan bahwa saat ini sudah banyak inovasi dari pemerintah pusat maupun daerah yang mendapat penghargaan internasional. Sebagai tahap lebih lanjut menuju penetapan 'Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018', inovasi SILK juga telah masuk seleksi Tim Panelis Independen sejak Agustus 2018. Penganugerahannya akan dilaksanakan pada ‘International Public Service (IPS) Forum’ di Jakarta pada 7-8 November 2018. (hjr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait