Setelah Polowijen, Kini Kampung Tematik Glintung Kota Malang Menjadi Kampung Tangguh

UMUM | 27 May 2020 06:30:35 AM

Setelah Polowijen, Kini Kampung Tematik Glintung Kota Malang Menjadi Kampung Tangguh

Walikota Malang Setiaji  saat melihat langsung ketersediaan lumbung hidup yaitu berubah budidaya  bibit ikan kampung tangguh Glintung Kota Malang, Selasa(26/05/2020)

Jatim Newsroom- Membatasi penyebaran dan mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 di Kota Malang, beberapa Kampung Tematik yang sebelumnya salah satu tujuan wisata di Kota Malang, diubah menjadi kampung tangguh. Diantaranya yang telah berubah adalah Kampung Glintung Water Street yang terletak di  Jalan Letnan Jendral S.Parman I,RW 05 Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

 

"Kampung tangguh di Glintung ini adalah tangguh antisipasi banjir dan  dalam menghadapi wabah adalah ketangguhan soal ketahanan pangan, jadi masyarakat tidak akan kekurangan makan atau kelaparan," ujar Ageng Wijayakusuma, Ketua RW 05 Kampung Glintung Water Street, Selasa(26/05/2020).

 

Dikatakannya, ketahanan pangan yang telah disediakan secara swadaya oleh warga Kampung Glintung Kota Malang tersebut berupa ketersediaan bahan makanan pokok dan menyediakan lumbung hidup yaitu ketersediaan tanaman sayur-sayuran, ternak itik dan kolam ikan.

 

Terkait pencegahan Covid-19, para pengurus kampung tangguh Glintung Kota Malang ini selalu melakukan pendataan kesehatan warga dan selalu melakukan pengecekan kedisplinan warga terkait penerapan protokoler kesehatan." Alhamdulillah sejauh ini tidak ada warga yang terkena wabah Covid-19 di kampung ini,"tambahnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Malang Sutiaji melihat langsung ketersediaan lumbung hidup Kampung Tangguh Glintung dan memberikan apresiasi swadaya warga untuk mengantisipasi akibat pandemi Covid-19.

 

Sebelumnya Kampung Tematik Budaya Polowijen Kota Malang juga menjadi Kampung Tangguh di tengah pandemi Covid-19.  Keberadaan kampung tangguh tersebut menjadi perhatian khusus Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa agar menjadi percontohan bagi kampung-kampung yang lain. (mad)

Views 8234
Web Statistic