Kamis, 28 Maret 2024

Semarak HUT ke-74 RI, Pemprov Gelar Pesta Rakyat dan Kuliner Gratis

Diunggah pada : 14 Agustus 2019 20:55:34 18

Jatim Newsroom - Menyemarakkan HUT ke-74 Republik Indonesia, Pemprov Jatim akan menggelar acara Pesta Rakyat dan Kuliner Gratis pada 17 Agustus 2019 mulai pukul 18.30 - 21.00 WIB.

Kegiatan akan digelar di sepanjang Jalan Gubernur Suryo Surabaya mulai depan Hotel Inna Simpang hingga Balai Pemuda. Acara yang pertama kalinya digelar ini akan dimeriahkan berbagai hiburan rakyat, pertunjukan seni serta stand-stand yang menyediakan makanan gratis bagi seluruh masyarakat Jatim.

“Ibu Gubernur mengundang seluruh masyarakat Jatim untuk datang dan ikut memeriahkan perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia. Nantinya, semua makanan yang disajikan khas Jatim dan yang terpenting bisa dinikmati gratis,” kata Aries Agung Paewai, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Rabu (14/8).

Aries mengatakan, makanan yang dibagikan disiapkan oleh Pemprov Jatim sebagai panitia penyelenggara. Selain itu, ada pula makanan hasil gotong royong dan sumbangan berbagai kalangan mulai dari pribadi sampai dengan perusahaan melalui program Corporate Sosial Responsibilty (CSR).

Menurutnya, banyak pihak yang secara sukarela ingin berpartisipasi dalam acara ini dengan memberikan sumbangan makanan. Apalagi ditargetkan kurang lebih 15 ribu masyarakat akan hadir, ditambah Gubernur Jatim juga akan mengundang 500 anak yatim piatu dan 500 penyandang disabilitas.

“Kami menerima siapapun yang ingin menyumbangkan makanan, namun kami tidak memaksa ataupun meminta sumbangan, semua sukarela. Bila ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan bergotong royong secara pribadi, ikhlas berpartisipasi untuk rakyat juga kami persilahkan. Tidak ada aturan ingin menyumbang berapa mau 50 atau 100 makanan silahkan. Jadi ini dari rakyat, oleh rakyat dan dipersembahkan untuk rakyat,” katanya.

Walaupun menerima makanan dari berbagai pihak, Pemprov Jatim tetap akan memeriksa kualitas makanan tersebut. Nantinya, tim kesehatan dari Dinas Kesehatan akan memeriksa makanan mulai dari siapa yang menyumbang dan bagaimana kualitasnya. Bila tidak memenuhi kualitas baik dari segi kebersihan maupun keamanannya, makanan tersebut akan dikembalikan.

“Jadi kami menjamin betul keamanan makanan yang disajikan kepada masyarakat. Akan ada tim food security yang memantau dan memeriksa setiap makanan,” tegasnya.

Terkait berita yang beredar di media sosial mengenai jenis menu serta jumlah porsi yang akan disajikan dalam acara tersebut, Aries secara tegas menyampaikan bahwa informasi tersebut tidak benar. Apalagi Pemprov Jatim sedari awal sudah memastikan bahwa makanan yang disajikan adalah khas Jatim. “Itu hoax ya, tidak benar itu. Apalagi di informasi itu ada kerak telor, kan itu bukan khas Jatim,” jelasnya.

Selain menyediakan kuliner gratis, nantinya juga ada penampilan artis Via Vallen yang akan menghibur masyarakat yang hadir. Ia dipilih karena sebagai artis nasional ia juga berasal dari Jatim. Selain itu akan ada band dari siswa-siswa Jatim, juga tarian kolosal khas Jatim serta flashmob.

Ditambahkannya, penutupan jalan di sepanjang Gedung Negara Grahadi akan dilakukan mulai pukul 14.00 - 22.00 WIB. Hal ini dikarenakan mulai pukul 15.00 WIB akan dimulai rangkaian upacara penurunan bendera dan kemudian akan dilanjutkan acara Hiburan Rakyat dan Kuliner Gratis.

Terkait penutupan jalan ini Pemprov sudah berkoordinasi dan meminta izin Polrestabes Surabaya. Aries juga mengimbau masyarakat yang akan menghadiri Hiburan Rakyat dan Kuliner Gratis untuk berjalan kaki dan memarkirkan kendaraan di sepanjang Jalan Tunjungan atau Simpang Dukuh (belakang Taman Apsari).

“Kami juga memohon maaf bila nanti ada kepadatan arus lalu lintas di sekitar Grahadi pada jam-jam tersebut. Pemprov melalui Dinas Perhubungan bersama Kepolisian akan mengatur agar masyarakat yang hadir maupun yang melalui jalur sekitar Grahadi tidak terganggu. Sekali lagi kami mohon pengertian dan dukungan dari masyarakat apalagi ini kan acara rangkaian HUT ke-74 RI,” pungkasnya. (Put)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait