Sebanyak 60 Persen Stok Darah PMI Surabaya Dikirim Ke RSUD dr Soetomo

UMUM | 17 Jul 2017 03:35:38 PM

Sebanyak 60 Persen Stok Darah PMI Surabaya Dikirim Ke RSUD dr Soetomo

Foto: Lukman JNR

Jatim Newsroom– Relawan dan petugas Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya rutin menggelar donor darah setiap hari untuk memenuhi kebutuhan darah apabila sewaktu-waktu dibutuhkan. Dari total stok darah yang dikumpulkan, sebanyak 60 persen stok darah dikirim ke RSUD dr Soetomo.

“Memang jika dirata-rata dalam sebulan 60 persen dikirim ke RSUD dr Soetomo. Cukup banyak karena rumah sakit ini juga menangani banyak pasien,” kata Kepala Humas UTD PMI Kota Surabaya Triksi Hendria pada Jatim Newsroom, Senin (17/7).

Ia menjelaskan sisa stok darah didistribusikan ke rumah sakit lain yang tersebar di Surabaya. PMI Surabaya bahkan mengirim stok darah ke luar kota seperti Lamongan, Pamekasan, dan Sumenep. Menurut Triksi, kebutuhan stok darah tidak dapat diprediksi sehingga donor darah dari masyarakat sangat diharapkan.

Stok darah yang disediakan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya per Senin, (17/7) jam 07.55 WIB mencapai 953 kantong. Rincian stok darah tersebut yakni darah endap (packed Red Cell/PRC) ada sebanyak 224 kantong yang terdiri dari 75 kantong golongan darah A, 43 golongan darah B, 4 golongan darah AB, dan 102 golongan darah O.

Selanjutnya, stok darah putih (Thrombocyte Concentrate ) ada sebanyak 608 kantong yang terdiri dari 152 golongan darah A, 154 golongan darah B, 56 golongan darah AB dan 246 golongan darah O. Sedangkan untuk stok darah utuh (whole blood/WB) sebanyak 121 kantong darah yang terdiri dari 45 golongan darah A, 7 Golongan Darah B, 11 Golongan darah AB serta 58 golongan darah O.

“Hari ini kita memfasilitasi donor darah di dua tempat yaitu taman bungkul dan UTD PMI Surabaya. Semoga semakin banyak masyarakat yang berpartisipasi,” tandasnya. (luk)

Views 1754
Web Statistic