Jumat, 29 Maret 2024

Sebanyak 1.870 Atlet Pastikan Ikut Porwanas XII/2016

Diunggah pada : 26 Juli 2016 16:42:55 1

Jatim Newsroom- Sebanyak 1.870 atlet dari 30 provinsi se Indonesia dipastikan akan hadir dan mengikuti Pekan Olah Raga Wartawan Nasional (Porwanas) XII 2016 di Bandung Jawa Barat yang akan berlangsung 25-30 Juli 2016.

“Jumlah ini berdasarkan data terakhir yang sudah masuk ke PB Porwanas. Ada tiga provinsi yaitu Gorontalo, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Barat tidak ikut Porwanas, tetapi mereka akan mengirimkan perwakilannya untuk meninjau, sehingga total ada 33 provinsi yang hadir,” tutur Ketua Umum PB Porwanas, Mirza Zulhadi di Sekertariat PB Porwanas di Jalan Wartawan Bandung, Selasa (26/7).

Mirza yang juga Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jabar itu memastikan seluruh panitia Porwanas XII 2016 sudah siap melaksanakan even para juru tulis seluruh Indonesia tersebut.

Pada upacara 26 Juli sore, upacara pembukaan diawali dengan pertandingan legenda Persib melawan PWI dari berbagai daerah, terus devile seluruh kontingen, dan hiburan dari Doel Sumbang dan Rika Rafika. Menpora Imam Nahrowi sudah siap hadir dan membuka pembukaan  di lapangan sepak bola UPI. Sementara untuk penutupan akan dilaksanakan tanggal 29 Juli malam di Gedung Sate, dan penyerahan Piala Presiden langsung oleh Gubernur Jabar.

Dia menambahkan, Porwanas XII 2016 menjadi kesempatan bagi Jabar untuk mematenkan Piala Presiden. Setelah menyabet juara umum di Banjarmasin 2013 lalu, Mirza berharap kontingen Jabar bisa mengulang hal serupa saat menjadi tuan rumah dan kembali meraihnya di Papua pada 2019.

Wakil Ketua Bidang Pertandingan Porwanas XII 2016 Jabar, Pudjo Hastowo mengatakan, panitia yang terlibat dalam pertandingan itu direkrut dari para wasit, juri, dan pengurus dari pengda cabang olahraga yang juga akan terlibat dalam penyelenggaraan pertandingan PON XIX 2016 Jabar.

Pudjo akan melakukan pengawalan ketat agar tidak ada kecurangan dalam penyelenggaraan. Karena menurutnya, seringkali terjadi penggunaan jasa joki di beberapa nomor pertandingan tertentu. "Nanti akan kami periksa identitasnya sebelum bertanding. Peserta yang sekarang sudah terdaftar dari entry by number, 1.352 orang, ofisial 203 orang. Mereka akan bermain di 10 cabang olah raga dan satu lomba karya jurnalistik, semuanya akan memperebutkan 33 emas, 33 perak, dan 49 perunggu," ucapnya.

Pudjo juga memastikan arena pertandingan sudah siap digunakan. Bahkan, menurut dia, pihak PB Porwanas XII 2016 juga menyiapkan arena alternatif apabila terjadi kendala saat pelaksanaan.

Di UPI itu sepakbola, tenis lapangan, tenis meja, bridge, catur. Atletik di lapangan sintetis Pajajaran, bowling di Siliwangi Bowling Centre (SBC), biliard di Hang Out Pool, bulu tangkis di GOR Lodaya, futsal di GOR Secapa. (put)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait