Royal Netherland Navy Kunjungi Ereveld Kembang Kuning

UMUM | 25 Jun 2019 10:29:28 PM

Royal Netherland Navy Kunjungi Ereveld Kembang Kuning

Jatim Newsroom - Jelang sehari pelaksanaan acara diskusi dalam rangka 3rd Navy To Navy Staff Talks (NTNS) antara  TNI AL dengan Royal Netherland Navy, delegasi Belanda melaksanakan ziarah ke makam kehormatan Belanda (Ereveld) yang terletak di Kembang Kuning Surabaya, Selasa (25/6). Ziarah tersebut dipimpin langsung oleh Brigadier General Jeff R Mac Mootry, selaku Ketua Delegasi Royal Netherland Navy (RNLN).

Ziarah itu juga sengaja dilakukan untuk mengenang ribuan tentara Belanda yang gugur dalam perang di Laut Jawa pada tanggal 27 Februari 1942. Dalam perang tersebut, tiga kapal Belanda ditenggelamkan oleh kapal Jepang, yaitu HNMLS De Ruyter, HNMLS Kortenaer dan HNMLS Java. Karel Doorman merupakan nama kapten salah satu kapal itu, yaitu HNMLS De Ruyter.

Saat itu, kapal yang dikomando Karel Doorman terbelah setelah dihantam torpedo kiriman dari kapal perang Jepang. Perang tersebut membuat Jepang berhasil memukul mundur pasukan sekutu, termasuk Belanda.

Jenazah ratusan anak buah kapal yang juga tentara kerajaan Belanda itu dimakamkan secara terpisah di masing-masing ereveld yang ada  di Jakarta, Bandung, dan Semarang dan di Surabaya yaitu Ereveld Kembang Kuning itu.

Ziarah makam itu menjadi bagian dari kegiatan 3rd Navy To Navy Staff Talks (NTNS) antara TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Belanda. NTNS merupakan forum diskusi  yang membahas berbagai aspek kerjasama dibidang angkatan laut ini melibatkan dua delegasi.

Dari delegasi Indonesia dipimpin oleh Asisten Operasi Kasal Laksda TNI Didik Setiyono. Sedangkan Delegasi Belanda dipimpin oleh Brigjen Jeff R. Mac Mootry, Director of Operations Royal Netherland Navy. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari di Surabaya hingga esok, Rabu (26/6) di Hotel Majapahit Surabaya. (afr/s)

Views 3724
Web Statistic