Jumat, 19 April 2024

Robot dan Medcap ITS Tarik Antusiasme Pengunjung Hakteknas 2018

Diunggah pada : 10 Agustus 2018 18:29:09 20

Jatim Newsroom- Karya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yaitu tiga robot menari VI-ROSE dan robot pemadam api ABINARA-1 mendapat antusias pengunjung yang hadir di gelaran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

ITS pun turut membawa hasil karya dari penelitian Departemen Teknik Komputer berupa alat simulasi kesehatan Medical Capture (Medcap). Joko Priambodo ST MT salah satu peneliti dan pengembang Medcap menjelaskan, Medcap berfungsi sebagai alat terapi fisiologis pascakecelakaan maupun juga bisa diterapkan bagi pasien yang pernah mengalami gejala stroke.

"Medcap menawarkan serangkaian gerakan melalui alat virtual reality, yang nantinya gerakan tersebut akan memandu pasien untuk membantu proses recovery nya pascasakit," ujarnya, di Surabaya, Jumat (10/8).

Para pengunjung antusias ketika berada di stand ITS yang memang terlihat futuristik dengan robot dan Medical Capture sebagai suguhannya. Terutama para pelajar yang sangat tertarik oleh tiga karya ITS yang dihadirkan tersebut. Mereka begitu menikmati suguhan robot VI-ROSE ITS yang dapat menari dengan diiringi musik remo.

Serta Sella Permata Sari salah satu siswa dari SMK Negeri 1 Pekanbaru menuturkan, ia sangat menikmati ketika bisa mencoba alat Medcap ITS. Baginya medcap menjadi hiburan tersendiri bagi event pameran yang biasanya hanya menyediakan display saja. "Alatnya sangat menarik dan menyenangkan jika dijadikan alat terapi kesehatan," tuturnya.

Medcap sebagai alat terapi kesehatan memang banyak menarik minat pengunjung, dikarenakan alat ini memang sudah mengusung teknologi 4.0 yang menggunakan virtual reality sebagai media pendukung proses terapi.

Gelaran Hakteknas 2018 akan berlanjut pada acara puncak, yang rencananya akan dihadiri juga oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Jokowi nantinya dijadwalkan akan memberikan penghargaan bagi para pelaku Industri, perguruan tinggi maupun lapisan masyarakat yang memiliki hasil karya berupa teknologi yang dapat berguna bagi bangsa Indonesia. (mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait