Kamis, 25 April 2024

Resmi Dilantik, Karang Taruna Jatim Fokus Berdayakan Pemuda dan Perangi Kemiskinan

Diunggah pada : 25 September 2017 16:42:23 247

Jatim Newsroom- Pengurus Karang Taruna Jatim periode 2017-2022, Senin (25/9) resmi dilantik. Pelatikan yang berlangsung di halaman Gedung Cak Durasim, Surabaya dihadiri Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf dipercaya untuk melantik pengurus Karang Taruna Jawa Timur.

Acara bertajuk "Pengukuhan dan Pelantikan Forum Pengurus Karang Taruna Provinsi Jawa Timur 2017-2022" tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat di Jatim, di antaranya Ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar, Ketua Karang Taruna Nasional, Didik Mukrianto, serta beberapa tokoh lainnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf berpesan, bahwa Karang Taruna telah berbuat dan berkontribusi nyata bagi pemerintah. Karang Taruna juga telah membuktikan diri berperan aktif menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga pemberdayaan ekonomi di Jatim terus menggeliat, meningkat dan produktif.

“Saya bangga, Karang Taruna hari ini mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru. Jadi Karang Taruna sekarang harus menciptakan lapangan pekerjaan bukan mencari pekerjaan. Saya minta pengurus yang baru ini mampu fokus dalam memberdayakan ekonomi masyarakat,” tegasnya.

Gus Ipul sapaan akrabnya menjelaskan, bahwa kartar di Jatim memiliki jumlah anggota yang tersebar di berbagai lini baik di perkotaan hingga pedesaan. Bahkan, banyak dari anggotanya telah memiliki usaha seperti UMKM yang telah terbukti menjadi penopang perekonomian Jatim.

Menurutnya, UMKM di Jatim merupakan sektor yang mampu bertahan dari krisis ekonomi. UMKM pula yang menyumbang sekaligus berkontribusi besar bagi pemberdayaan ekonomi di daerah.

Lebih lanjut disampaikannya, UMKM juga yang turut menciptakan pekerjaan baru dibandingkan dengan perusahaan besar. UMKM meskipun kecil namun jumlahnya banyak. Jika disatukan, akan jadi kekuatan dalam penciptaan lapangan pekerjaan.

“Jumlah penyerapan lapangan pekerjaan melalui UMKM ini, lebih banyak dibandingkan dengan perusahaan besar yang lebih menginvestasikan usahanya melalui teknologi sehingga penerimaan lapangan pekerjaan sangat kurang dan terbatas,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Prov Jatim, Abdul Halim Iskandar mengaku yakin bahwa pengurus Kartar Jatim yang baru akan tampil beda dan memiliki semangat tinggi menyejahterakan masyarakat melalui bermacam kegiatan. “Saya yakin pengurus yang dilantik adalah pengurus dengan karakteristik serta jiwa kepemimpinan tinggi. Selamat semoga sukses dalam mengemban amanah ini,” terangnya.

Dala prosesi pelantikan, sejumlah nama pengurus tampak dipanggil satu persa

tu menuju ke atas panggung untuk mengikuti prosesi pelantikan. Ketua Karang Taruna Jatim, Agus Maimun berdiri di antara 78 pengurus baru yang dilantik.

Ikrar pelantikan yang diucapkan pengurus Karang Taruna tampak menjadi pengantar sebelum resmi dilakukan pelantikan. Suasana tampak hening ketika prosesi pelantikan berlangsung.

Alunan mars Karang Taruna dinyanyikan mengiringi proses pelantikan. “Kami ingin menguatkan generasi muda dalam berkarya dan mensinergikan kemampuan para generasi muda terutama Karang Taruna untuk bisa menjadi tolak punggung bangsa dan pemerintah,” kata Agus di sela-sela acara.

Pada pelantikan itu, perwakilan pengurus Karang Taruna tiap kabupaten atau kota di Jawa Timur yang memamerkan produk inovasinya. “Kami harapkan, para pihak-pihak yang hadir bisa melihat potensi yang mereka miliki. Jadi nanti misalnya bisa dapat izin usaha, dan lain-lain,” kata Agus yang juga Ketua Fraksi PAN DPRD Jatim.

Ia berharap, masyarakat mengetahui bahwa ada sebuah wadah bagi para anggota dan pengurus Karang Taruna di seluruh daerah Jatim yang terstruktur di bawah pemerintahan. Karang Taruna merupakan wadah bagi generasi muda yang memiliki potensi besar. “Banyak  Karang Taruna yang berhasil membuat beragam produk inovasi luar baisa. Seperti produk mouth was dan lain-lain,” tegas dia. (jal)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait