Rabu, 17 April 2024

Ramadhan, Gus Ipul Minta Masyarakat Semakin Peduli Pada Sesama

Diunggah pada : 29 Mei 2017 6:24:19 6

Jatim Newsroom-Memasuki bulan suci Ramadhan 1438 Hidjriah, Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) minta masyarakat semakin peduli pada sesama yang membutuhkan. 

“Semoga keberkahan Bulan Ramadhan menjadikan hati kita semua gembira menyambutnya, dan menjadikan kita semakin lebih peduli pada sesama yang membutuhkan,” kata Gus Ipul usai pembukaan Festival Ramadhan Masjid Al-Akbar ke-12 tahun 2017, Surabaya Jumat (26/5).

Dikatakannya, momen Ramadhan harus dimanfaatkan umat muslim untuk memperbanyak amal ibadah, seperti infak dan sedekah.”Semoga pihak yang mendukung kegiatan ini mendapatkan keberkahan, sehingga tahun depan bisa membantu lebih banyak lagi,” harapnya.

Festival ke-12 ini lanjut Gus Ipul akan lebih semarak dari tahun sebelumnya, salah satunya dengan diadakannya Syiar dan Syair, sebagai salah satu cara untuk mengisi kegiatan selama Ramadhan. “Pada pembukaan Festival dibagikan 1438 Apem sebagai simbul memasuki Bulan Ramadhan,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Gus Ipul, Jatim selama ini aman dan tentram karena kedekatan antara pemerintah baik daerah maupun provinsi dengan aparat TNI-polri, tokoh agama, dan masyarakat sangat baik, sehingga kegiatan skala besar seperti pemilihan kepala daerah relatif lebih aman dibanding provinsi lain. “Setiap ada pemilihan kepala daerah baik serempak maupun tidak, Jatim masih yang teraman dibanding provinsi lain di Indonesia, ini karena jatim kompak sehingga suasana adem bisa terwujud,” ungkap Gus Ipul.

Dengan datangnya bulan Ramadhan ini bisa mengajarkan masyarakat untuk belajar adil di dalam kehidupan dan lebih meningkatkan keimanan. Dengan adanya rasa adil, maka untuk menciptakan kemakmuran akan lebih mudah.

Direktur Utama Masjid Al-Akbar Surabaya, Endro Siswantoro menambahkan, selain bekerja sama dengan PWNU Jatim, panitia juga membangun sinergi dengan perbankan dan masyarakat sekitar seperti Pagesangan, Gayungsari dan Jambangan. Hal itu bertujuan agar bisa membangun pemberdayaan ekonomi dengan warga sekitar.

Pada pembukaan Festival panitia membagikan 250 paket sembako untuk warga sekitar Masjid Al-Akbar . selama Ramadhan banyak kegiatan yang digelar diantaranya kajian menyambut bulan ramadhan untuk 500 lansia pada 17 mei, dan sholat berjamaah, tadarus, Nuzulul Qur'an akan diikuti sekitar 5000 jamaa, dan pembagian takjil untuk 1300 jamaah setiap hari. "Kami dapat bantuan dari PT Telkom sebanyak tiga ton kurma, kita akan menggelar pelatihan penerjemah Al Qur'an,” ungkapnya. (hjr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait