Kamis, 25 April 2024

PT KAI Daop 8 Kerja Bhakti Masal Kerahkan 150 Personil

Diunggah pada : 20 Januari 2020 20:30:26 1

Jatim Newsroom - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya menggelar kerja bhakti masal dengan mengerahkan 150 personil untuk membersihkan sampah yang menumpuk di pinggiran rel.

Agenda kerja bhakti bersih bersih jalur rel antara Stasiun Surabaya Pasar Turi - Stasiun Tandes sepanjang 5 Km itu juga melibatkan masyarakat sekitar. Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan, program itu merupakan wujud dukungan BUMN tersebut pada program Pemkot Surabaya menciptakan kota yang bersih dan asri. "Kami bahkan mengerahkan 5 gerbong jenis GD (Gerbong Datar), khusus  untuk pengangkut sampah hasil dari operasi bersih tersebut," ujar Suprapto, Minggu (19/1).

Kegiatan kerja bhakti itu juga melibatkan jajaran Dishub Kota Surabaya. Mereka sama-sama berharap mampu mewujudkan pintu masuk kota Surabaya melalui jalur rel arah utara yang bersih  dan asri.

Pemandangan seperti itu, kata Suprapto, sangat penting untuk  memberikan kesan pertama kepada para pendatang baru ke Kota Surabaya. Saat ini, terdapat  7 kelurahan yang wilayahnya berada di sekitar jalur rel antara Pasar Turi-Tandes.

Bersamaan dengan kegiatan itu, PT KAI Daop 8 juga melakukan sosialisasi larangan membuang sampah, menanam pohon tinggi dan mendirikan bangunan di sekitar jalur rel. Masyarakat diingatkan bahwa tindakan seperti itu membahayakan bagi perjalanan kereta api, masyarakat, dan melanggar peraturan yang ada.

Menurut Suprapto, berdasarkan UU No 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian, pasal  178 dan 181. Para pelaku yang melanggar aturan itu, terancam sanksi hukum sesuai UU No:23 tahun 2007, pasal 192 dan 199.

Pihak KAI berharap, ke depan masyarakat bisa lebih peduli pada kebersihan dan keindahan Kota Surabaya. "Kami juga ingin mereka ikut menjaga kebersihan di jalur rel kereta api," ujarnya.

Sementara acara kegiatan bersih-bersih itu sendiri dimulai sejak pukul 07:00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Kerja bhakti ini penuh suasana kebersamaan dan kekompakan antar sesama stakeholder dan masyarakat. (Ryo/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait