Program Siswa Mengenal Nusantara Pelajar Asal Gorontalo Sepekan di Surabaya

UMUM | 14 Aug 2019 06:57:34 AM

Program Siswa Mengenal Nusantara Pelajar Asal Gorontalo Sepekan di Surabaya

Delegasi Siswa Mengenal Nusantara yang berasal dari Provinsi Gorontalo berfoto bersama dengan Operation Head Terminal Bahan Bakar Minyak Surabaya Group, Ahmad Yani Lauma (tengah), seusai kunjungan di kantor yang berada di kawasan Jl. Perak Surabaya, Selasa (13/08). (Foto:Zain Grt).

Jatim Newsroom - Sebanyak 28 pelajar dan lima pembimbing yang tergabung dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) berasal dari Provinsi Gorontalo selama sepekan berada di Surabaya. Sebelumnya mereka mengikuti seremonial penyambutan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang berlangsung, Senin (12/08).

Hari kedua, Selasa (13/08) para siswa pilihan ini melakukan berbagai kegiatan yang berorientasi pengenalan kebudayaan dari kedua provinsi serta aktivitas kunjungan ke berbagai institusi.

Kunjungan pertama di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBB) Surabaya Group dan dilanjutkan ke PT. PAL  yang keduanya berada di kawasan Perak Surabaya ini.

Ketua Delegasi SMN Provinsi Gorontalo, Zain Mooduto menjelaskan, rombongan yang dibawanya merasakan cuaca dan suhu di Surabaya ini mirip dengan kondisi di Gorontalo jadi bisa mudah menyesuaikan yang membedakan Gorontalo kota kecil sedang Surabaya adalah terbesar kedua setelah Jakarta.

Selama di Surabaya ini para siswa ini bermukim bersama di rumah-rumah penduduk setempat, sama seperti 47 pelajar dari Jawa Timur yang berangkat ke Gorontalo tinggal di masyarakat dan melakukan aktivitas yang sama.

Mereka tinggal bersama ibu angkat dari warga selama di Surabaya pelajar SMN ini tinggal di RT. O2 RW. I. Kelurahan Jambangan, salah satu wilayah sebagai Jawara Lingkungan. Di tempat ini para pelajar ini akan belajar untuk mengelola dan daur ulang sampah, penataan lingkungan serta usaha pemberdayaan ekonomi dan usaha masyarakat.

Untuk memperkenalkan Gorontalo kepada masyarakat Surabaya, para pelajar ini juga melakukan atraksi demo kuliner khas Gorontalo. "Hari ini kami pelajar dari yang tergabung dalam Siswa Mengenal Nusantara asal Provinsi Gorontalo, tadi mengunjungi PT.Pertamina dan PT. PAL dan besok ketempat yang lain,  selama tinggal bersama warga, kami juga melakukan kegiatan bersama juga akan demo memasak masakan khas Gorontalo" terang  Zain Mooduto yang juga menjabat sebagai Kepala seksi Harlindung dan Sertifikasi Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo. (adm,ynd,itn,pno)

Views 144
Web Statistic