Jumat, 26 April 2024

Program JKN - KIS Buka Lapangan Kerja Untuk 1,45 juta Orang

Diunggah pada : 16 Oktober 2017 16:33:15 17

Jatim Newsroom– Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyatakan program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang hampir genap empat tahun berjalan telah membuka lapangan kerja untuk 1,45 juta orang.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris mengatakan, data tersebut merupakan hasil kajian Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat FEB UI tahun 2016. Lebih rinci, lapangan pekerjaan yang berhasil dibuka terdiri dari 864 ribu orang di sektor jasa kesehatan pemerintah, 27,2 ribu orang di sektor industri produk farmasi, dan 34,1 ribu orang di sektor industri makanan dan minuman.

“Jika diproyeksikan hingga tahun 2021, maka JKN-KIS memberi kontribusi ekonomi sebesar 289 triliun dan menciptakan lapangan kerja bagi 2,26 juta orang. Selain itu, JKN KIS juga terbukti meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan cara meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan mendorong kestabilan sosial,” tutur Fachmi, Senin, (16/10) melalui rilisnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan soal anggaran berimbang yang menjadi pondasi penyelenggaraan program JKN-KIS. Pada dasarnya, program JKN-KIS selalu dihitung dengan pendekatan dan prinsip anggaran berimbang pada setiap awal tahun anggaran. Prinsip umum anggaran berimbang antara lain pengeluaran dan pendapatan harus sama, serta pendapatan utama bersumber dari iuran peserta.

“Kami juga ingin berterima kasih atas compliance badan usaha yang telah mendaftarkan pesertanya dan membayarkan iuran secara rutin. Partisipasi Anda sangat berarti bagi keberlangsungan program JKN-KIS ini. Kami berharap ke depannya, sinergi yang baik ini dapat kita bina dan perkokoh bersama,” tandasnya. (luk)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait