Kamis, 25 April 2024

Prajurit Marinir Gelar Latihan Parsial

Diunggah pada : 23 Mei 2018 22:19:09 186

Jatim Newsroom - Prajurit Korps Marinir yang tergabung dalam Satuan Latihan bersama (Latma) Multilateral The Rim Of The Pacific (Rimpac) tahun 2018 melaksanakan Latihan Parsial di perairan Pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (23/5).

Latihan yang diselenggarakan sejak tanggal 21 Mei 2018 tersebut meliputi latihan dril kering yang dilaksanakan di Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya dan dril basah yang diselenggarakan di perairan pantai Banongan Situbondo.

Dalam latihan drill kering diikuti 168 personel yang dipimpin langsung oleh Komandan Kompi Pasukan Pendarat (Dankipasrat) Mayor Marinir Afrison Taufik. Sementara itu sebanyak 40 personel dibawah pimpinan Kapten Marinir Dhani Widiyanta melaksanakan dril basah atau di medan sesungguhnya yang dilaksanakan di perairan pantai Banongan, Situbondo.

Komandan Satgas Latihan Rimpac 2018 Mayor Marinir Aristoyuda mengatakan, kegiatan latihan parsial tersebut merupakan salah satu tahapan dalam setiap tugas atau latihan yang akan dilaksanakan prajurit korps baret ungu sebelum menjalankan tugas atau latihan. Tujuannya, kata dia, untuk mengetahui kekurangan atau kelemahan yang ada sehingga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi agar dalam pelaksanaan latihan sesungguhnya dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Dalam latihan parsial, lanjutnya, materi yang dilatihkan meliputi pendaratan dengan 3 unit LVT-7, 1 unit kendaraan Unimog dan 1 pucuk meriam 105 mm di pantai Banongan, Situbondo. Sedangkan yang di Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya melaksanakan peran peninggalan cepat atau evakuasi saat pendaratan dengan menggunakan kendaraan tempur LVT-7. Selain itu latihan infanteri mekanis dan untuk kesenjataan Artileri Medan serta kalibrasi ulang dan pemberian stempet meriam 105 mm juga dilakukan. (afr/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait