Kamis, 18 April 2024

PPKM Mikro, Kapolda Jatim Beri Sembilan Penekanan

Diunggah pada : 9 Februari 2021 5:04:58 20

Jatim Newsroom - Jelang pelaksanaan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarat) berskala mikro, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta memberikan sembilan penekanan penting. Pertama, mengutamakan sisi preemtif, preventif serta upaya kuratif dalam menangani Covid-19. 
 
Kedua, penentuan petugas yang mengurus PPKM Mikro baik di tingkat RT atau RW. Ketiga, pembentukan posko yang berisi petugas gabungan TNI dan Polri serta instansi terkait. Keempat, melaksanakan operasi Covid Hunter untuk mengawasi pasien yang melakukan isolasi mandiri. 
 
Kelima, bagi daerah yang zonasinya masih merah, orange dan kuning agar terus mengikuti ketentuan pengaturan pembatasan PPKM skala mikro. Keenam, pengembangan pengobatan yang dinilai hasilnya efektif untuk mengurangi angka penyebaran Covid-19. Hal itu juga untuk perawatan pasien positif di tingkat RT. 
 
Ketujuh, pembuatan kampung tangguh sesuai dengan target yang telah ditentukan. Kedelapan, pengawalan proses vaksinisasi agar sesuai dengan target. Kesembilan, kampung tangguh kedepannya akan menjadi garda terdepan dalam pengelolaan kamtibmas. 
 
Penekanan sembilan poin penting itu disampaikan langsung oleh Kapolda Jatim saat rapat koordinasi persiapan PPKM Mikro secara virtual, Senin (8/2/2021). Rapat juga diikuti oleh seluruh Kapolrestabes/ta jajaran Polda Jatim. 
 
Dibahas pula terkait dengan data RT/RW dengan zonasi yang akan melaksanakan PPKM berskala mikro. Selain itu, data personel yang akan ditugaskan sesuai RT/RW dan data pasien yang melaksanakan isolasi mandiri juga terus diperbarui. Ia juga meminta agar alat testing di masing-masing posko, serta data kebutuhan masker dan beras bisa terpenuhi. 
 
Perlu diketahui, pelaksanaan PPKM Mikro dilaksanakan berdasarkan Inmendagri No. 3 tahun 2021. Jawa Timur termasuk daerah yang mendapatkan instruksi dengan daerah prioritas Madiun Raya, Surabaya Raya, dan Malang Raya. (afr/n) 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait