Sabtu, 20 April 2024

PLTU Masih Jadi Andalan untuk 10 Tahun Kedepan

Diunggah pada : 21 Januari 2019 22:51:07 30

Jatim Newsroom-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) masih menjadi tulang punggung atau andalan sumber pasokan listrik Indonesia untuk 10 tahun ke depan.

Menteri ESDM Ignasius Jonan saat kunjungan kerja di PLTU Paiton Kabupaten Probolinggo belum lama ini mengatakan, PLTU masih memegang peran utama memasok kelistrikan di Indonesia. Hal ini terlihat dalam bauran energi nasional dengan menetapkan porsi PLTU sebesar 50 persen sampai 55 persen.

Kalau menurut saya 10 tahun ke depan PLTU kalau dari bauran energi PLTU itu sekitar 55 persen paling minim 50 persen pasti masih menjadi andalan," kata dia

Dia melanjutkan, negara lain pun‎ masih mengandalkan PLTU sebagai tulang punggung sumber pasokan listrik. Sebut saja negara di Eropa dan Amerika Serikat.

"Di negara Eropa misalnya Polandia juga penggunaan batu bara masih sekitar 60 persen, AS mungkin sudah sedikit di bawah 40 persen tapi masih ada kok," tuturnya.

Meski PLTU menjadi andalan, menurut Jonan pemerintah masih berkomitmen mengembangkan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai sumber kelistrikan, dengan mengejar target porsi  EBT sebesr 23 persen pada 2025.

"EBT komitmen tetap, kalau sekarang ditanya ada 2 sektor yang besar 1 kelistrikan dan transportasi kalau kita lihat kelistrikan itu kurang lebih sampai sekarang 13 persen, ada pertanyaan kok pelan? sebenarnya ini kapasitas listrik tumbuh‎," tuturnya. (hjr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait