Kamis, 18 April 2024

Permudah Pemahaman Geografi Melalui Nature Box

Diunggah pada : 25 April 2019 15:17:58 254

Jatim Newsroom- Mahasiswa Fakultas teknik jurusan Teknik Industri (TI) Universitas Surabaya (Ubaya) ciptakan Nature Box untuk representasikan empat struktur lapisan bumi, antara lain kerak bumi, mantel bumi, inti luar bumi, dan inti dalam bumi . Karya ini digunakan sebagai alat peraga pembelajaran geografi bagi siswa – siswi SMA.

“Kami menggunakan hasil riset lapangan dengan menyebarkan kuesioner kepada siswa – siswi SMA dan guru untuk menentukan produk apa yang akan dibuat. Tujuan Nature Box adalah memberikan gambaran kepada siswa-siswi SMA bahwa belajar Geografi itu mudah dengan adanya visualisasi lapisan bumi. Siswa bisa menyentuh, melihat bentuk, warna, dan adanya penjelasan audio suara mengenai lapisan bumi,” jelas Bob Sebastian, salah satu mahasiswa fakultas teknik jurusan TI Ubaya, di Surabaya, Kamis (25/4).

Nature Box dibuat oleh tim PT Rahkel Boria yang terdiri dari Ridho Firmansyah, Bob Sebastian, Rahman Adi Candra, Kelvin Jorgi Changga, dan Adhirangga Imam dari angkatan 2016. Karya ini merupakan diorama pada lapisan terluar bumi yang menggambarkan kehidupan dan aktivitas manusia di bumi.

Kemudian dibawahnya terdapat empat laci dengan warna berbeda merepresentasikan empat struktur lapisan bumi. Masing – masing laci terdapat tombol switch yang akan memunculkan audio suara berupa penjelasan lapisan bumi. Proses pengerjaan karya berukuran 38,3 cm x 33,8 cm x 50 cm ini memerlukan waktu dua bulan sejak Februari.

Pembuatan Nature Box merupakan salah satu karya dari mata kuliah Kerja Praktik 1 (KP 1) Jurusan Teknik Industri Ubaya yang rutin dilaksanakan setiap semester. “Dalam mata kuliah ini, kami melakukan simulasi bisnis pemasaran dan berperan sebagai sebuah industri atau perusahaan yang menciptakan suatu produk bagi masyarakat. Jadi kami memulai dengan membuat perusahaan, melakukan market riset, membuat produk, menjual kepada masyarakat hingga membuat laporan keuangan,” ungkap Ridho.

Tahun ini, topik yang diangkat adalah Alat Peraga Pembelajaran Untuk SMA yang dikategorikan menjadi tiga mata pelajaran (mapel) yaitu mapel IPA, mapel IPS, dan mapel wajib. “Tujuan kami ingin Alat Peraga Pembelajaran Untuk SMA dapat diajukan kearah pengurusan HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). Seperti kegiatan sebelumnya, belasan karya mahasiswa telah berhasil mendapat HAKI,” ujar Yenny Sari, S.T., M.Sc. selaku Kepala Laboratorium Quality Performance and Management sekaligus Dosen Fakultas Teknik Ubaya.

Selain Nature Box, terdapat tujuh karya kelompok lain yang ditampilkan. Ada beberapa kategori penghargaan yang akan diberikan, yaitu People Choice penghargaan berdasarkan banyaknya jumlah voting pengunjung terhadap penilaian produk dan stand terbaik. (mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait