Kamis, 25 April 2024

Peringati Maulid Nabi, Dharma Wanita UINSA Mengajak Terapkan Akhlaq Rasulullah Dalam Keluarga

Diunggah pada : 20 November 2018 4:30:58 34

Jatim Newsroom - Dalam rangka menyambut Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar acara bertemakan, ‘Meneladani Sikap Rasulullah Dalam Kehidupan Kita.’

 

Nanik Masdar Hilmy, Ketua DWP UINSA dalam sambutannya mengatakan, “Maulid Nabi adalah ritual yang dilakukan setiap tahun. Mudah-mudahan peringatan kali ini memberikan hikmah dan keberkahan untuk kita semua,” ujar Nanik, dalam rilis UINSA, Senin(19/11)

 

Hikmah tersebut, menurut Nanik,  salah satunya didapatkan saat peringatan maulid adalah semakin eratnya ukhuwah  dan kita dapat meneladani Nabi Muhammad SAW. Nanik juga menyampaikan, bahwa tahun ini DWP UINSA telah memiliki grup Qasidah, yang secara resmi tampil pertama kali dalam acara maulid kali ini.

 

Drs. KH. Sumarkan, M. Ag., Muballigh dalam acara tersebut memberikan tausyiah dengan menekankan bahwa salah satu akhlak terbaik Nabi Muhammad SAW adalah senang membahagiakan keluarga. “Wainnaka khulukul adim, Rasulullah itu dikaruniai memiliki akhlak yang agung. Akhlak itu luas, bisa Akhlak yang hubungannya dengan Allah, Akhlak yang berhubungan dengan manusia, hewan, tumbuhan, dan akhlak yang terbaik adalah akhlak kepada keluarga,” ujar KH. Sumarkan.

 

“Allah SWT akan memuliakan dan mengagungkan suami yang senang membahagiakan istri. Ini sesuai dengan Al Quran Surat At Taubah ayat 99, jadi tolong dicatat dan diberitahukan kepada suaminya,” tambah KH. Sumarkan. Di akhir tausyiah KH. Sumarkan mendoakan peserta agar tergolong dalam ahli surga.

 

Sebelum berakhir acara, peserta mendapatkan arahan dari Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dra. Wahidah Zein Br. Siregar, MA., Ph.D.  Wahidah, Ph.D., berpesan, agar setiap Program DWP dapat mendukung dan berkonstribusi pada Visi dan Misi UINSA.

 

“Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) DWP UINSA salah satu program yang memiliki prospek bagus. PAUD bisa dijadikan labschool untuk para dosen dan mahasiswa, tentu perlu kerja sama dengan Pusat Bisnis agar prospek yang ada dapat digali,” tambah Wahidah, Ph.D. Diakhir arahan, Wahidah, Ph.D., berpesan, agar program yang bernuansa profit atau menghasilkan dana perlu ditingkatkan. (mad)

 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait