Jumat, 19 April 2024

Peringati HUT ke 73 Kemerdekaan RI, KBS Adakan Parade Satwa

Diunggah pada : 18 Agustus 2018 19:04:43 6

Jatim Newsroom - Perusahaan Daerah Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (PDTS KBS) memperingati HUT ke 73 Kemerdekaan RI Tahun 2018 dengan mengadakan Parade Satwa, Sabtu (18/8) siang. Satwa yang mengikuti parade antara lain jenis mamalia seperti gajah, onta, kuda dan domba. Selain itu jenis affes golongan unggas seperti burung dan reptil seperti ular dan sejenis kadal. Semua satwa yang mengikuti parade adalah satwa yang sudah jinak dan terlatih.

Direktur PDTS KBS, Chairul Anwar, di sela-sela parade di arena Tunggang Gajah mengatakan, acara ini diadakan selain memperingati puncak HUT ke 73 Kemerdekaan RI juga merupakan rangkaian HUT ke 102 KBS yang akan jatuh pada Tanggal (31/8) 2018 mendatang.

Kegitan ini diadakan setiap tahun pada HUT Kemerdekaan RI dengan tujuan untuk mengedukasi masyarat khususnya pengunjung KBS agar supaya mengerti jika memasuki arena KBS ada tata tertibnya. Di antara edukasi kepada pengunjung adalah dilarang membuang sampah sembarangan buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan.

Kemudian mengedukasi kepada pengunjung agar jangan memberi makanan apapun kepada satwa. Karena makanan satwa itu sudah ada ukuranya dan kalau diberi makanan sembarangan akan bisa membahayakn satwa itu sendiri.

“Meskipun sudah ada larangan jangan membuang sampah sebarangan, tetapi masih ada pengunjung yang melanggar peraturan tersebut. Oleh sebab itu dengan edukasi kegiatan parade satwa diharapkan para pengunjung bisa mematuhi larangan tersebut,” ujanya.

Satwa-satwa yang memeriahkan parade adalah lima gajah Sumatera yang sudah terlatih, tiga onta, kuda, domba, ular, Iguana atau hewan sejenis kadal dan burung kakak tua jambul.

Usai parade diadakan upacara bendera, dimana gajah Sumatera yang sudah jinak dan terlatih didampingi pawangnya menyerahkan Bedera Merah Putih kepada Direktur PDTS KBS Chairul Anwan dan selanjutnya ditancapkan pada tempatnya. Kemudian parade diakhiri dengan senam poco-poco yang dilakukan oleh peserta parade termasuk gajah dan pengunjung KBS.(ryo/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait