Peringatan Hari Pahlawan, Gubernur Khofifah Ajak Jadi Pahlawan Melawan Covid-19

UMUM | 11 Nov 2020 04:57:26 AM

Peringatan Hari Pahlawan, Gubernur Khofifah Ajak Jadi Pahlawan Melawan Covid-19

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak serta Forkopimda Jatim, melihat foto para Pahlawan usai melakukan peringatan upacara Hari Pahlawan, di Tugu Pahlawan, Selasa(10/11/2020). (Foto/Sug). 

 

Jatim Newroom- Dalam memperingati hari Pahlawan 2020, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berharap dengan semangat kepahlawanan dapat memberikan semangat masyarakat Jawa Timur untuk bekerja lebih keras lagi dalam melawan pandemi Covid-19.

" Dalam melawan Covid-19, seluruh ikhtiar, bisa mensinergikan seluruh kekuatan, persatuan, persaudaraan kita, hari ini kita dipanggil oleh bangsa di 10 November, kita bisa menjadi pahlawan di sektor kita masing-masing , kita bisa menjadi pahlawan, " tegasnya, usai menjadi inspektur upacara, peringatan Hari Pahlawan 2020 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, di Halaman Tugu Pahlawan Surabaya, Selasa (10/11/2020).

Gubernur Khofifah mengatakan bahwa semua masyarakat Jawa Timur saat ini sangat dibutuhkan untuk bisa menjadi pahlawan dalam perang melawan pandemi Covid-19, dengan melakukan yang terbaik di sektor dan lingkungan masing. "Lakukan yang terbaik dan penuh dengan dedikasi untuk pertiwi,'ujarnya.

Upacara peringatan Hari Pahlawan tahun ini dilakukan secara sederhana dan penuh khidmat dimulai pukul 08.00 pagi dengan inspektur Upacara Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Upacara hari Pahlawan juga dihadiri oleh Wakil Gubernur, Emil Elestianto Dardak,  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan pejabat dilingkungan Pemprov Jatim, serta diikuti peserta upacara dari unsur TNI, Polri, ASN serta para Pelajar.

Upacara ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih dan mengheningkan cipta untuk jasa para pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan, khususnya pahlawan yang gugur pada pertempuran 10 November 1945, di Surabaya.

Dalam kesempatan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa membacakan sambutan Menteri Sosial yang menilai  Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh semua sebagaimana tema hari pahlawan tahun 2020 yaitu ” Pahlawanku Sepanjang Masa “.

"Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka,"ujarnya.

Menurutnya, jika dulu berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa,seperti: kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham- paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia.

Meskipun dalam mada pandemi covid, peringatan hari pahlawan tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.(mad)

Views 9308
Web Statistic