Kamis, 28 Maret 2024

Pencak Silat Gelar Kejuaraan Piala Bambang Haryo 2018

Diunggah pada : 11 Desember 2018 14:54:00 14

Jatim Newsroom - Pengkot Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Surabaya akan menggelar kejuaraan pencak silat memperebutkan Piala Bambang Haryo 2018. Kejuaraan ini akan berlangsung 18 – 21 Desember 2018 di GOR Hayam Wuruk Kodam V Brawijaya Surabaya.

Sekum Pengkot IPSI Surabaya, Boyke Santoso, di Selasa (11/12) digelarnya kejuaraan ini yaitu sebagai bentuk upaya membudayakan dan melestarikan serta mengembangkan budaya Bangsa Indonesia yaitu Pencak Silat.  Hal ini juga sebagai bentuk pembinaan yang berkesinambungan bagi para Atlet yang potensial baik dari golongan usia dini, pra remaja, remaja, maupun dewasa. 

Selain itu, ini juga untuk mempersiapkan atlet – atlet pencak silat yang potensial, dalam rangka mempersiapkan tim IPSI Kota Surabaya dalam menghadapi kejuaraan pencak silat dan untuk pembentukan tim IPSI Surabaya dalam menghadapi Prakualifikasi Porprov VI – 2019.

Lebih lanjut Boyke Santoso menjelaskan pencak silat adalah salah satu olah raga tradisional asli Bangsa Indonesia. Namun saat ini pencak silat lebih dikenal masyarakat dunia, terbukti dengan adanya event kejuaraan dunia, di level Asia ada Asian Games.

 Pencak Silat merupakan seni olah raga beladiri yang menghimpun seluruh potensi bangsa yang memiliki persamaan cita-cita, wawasan, dan tujuan dalam pelestarian budaya bangsa.

 Pencak Silat sebagai wadah bagi Warga Indonesia dalam meningkatkan ketrampilan diri, kualitas mental dan fisik melalui seni beladiri tradisoanal, sehingga terwujud warga negara yang siap dam bela negara demi kejayaan bangsa, negara, dan agama.

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) berupaya turut serta menunjang program pemerintah dalam peningkatan pembinaan dan pelestarian nilai nilai luhur seni budaya pencak silat terutama dalam kualitas bertanding dan seni TGR, yaitu dengan mewujudkan event kejuaraan pencak silat.(her/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait