Pemprov Jatim Buka Ruang Perluasan Perdagangan Produk Unggulan di Amerika Serikat

UMUM | 15 Jan 2020 07:24:50 AM

Pemprov Jatim Buka Ruang Perluasan Perdagangan Produk Unggulan di Amerika Serikat

Foto: Sasongko JNR

Jatim Newsroom- Pemerintah Provinsi Jawa Timur berencana melakukan kerjasama dengan Pemerintah Amerika Serikat untuk membuka peluang perluasan perdagangan produk ekspor unggulan dari Provinsi Jawa Timur. 

Hal tersebut terungkap usai pertemuan antara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan Wakil Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Iwan Freddy Hari Susanto, di Gedung Negara Grahadi, Selasa (14/1).

Dalam pertemuan tersebut, Pemerintah Amerika akan berupaya membantu mendongkrak produk-produk ekspor unggulan Provinsi Jawa Timur ke pasar Amerika Serikat. Bebrapa produk unggulan yang diidentifikasi mempunyai potensi tinggi untuk di ekspor antara lain produk alas kaki, pakaian jadi, furniture, elektronik dan jewelery.

“Mudah-mudahan akan ada persambungan secara sistemik dan sinergi, apakah nantinya ada pertemuan trader  dan buyer, sebab ada ruang yang cukup luas produk dari Jawa Timur untuk bisa masuk dan dikenalkan di publik Amerika Serikat, pertama produk  foot wear (alas kaki atau sepatu),” katanya.

Gubernur berharap perluasan pangsa pasar produk unggulan Jawa Timurn tersebut ke Amerika Serikat menjadi pintu baru perluasan produktifitas seluruh produk di Jawa Timur.

Iwan Freddy Hari Susanto Wakil Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat menyampaikan apresiasi atas upaya rencana kerjasama antara Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur di bidang perluasan perdagangan. Karena Jawa Timur memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan.

Selain kerjasama di bidang perdagangan, pihaknya juga membahas upaya mempromosikan potensi pariwisata unggulan  Provinsi Jawa Timur, seperti Bromo Tengger Semeru (BTS),” Turis Amerika yang ke Indonesia semakin tinggi jumlah 460 ribu pada bulan oktober 2019 meningkat drastis 12,9 persen,” ujarnya. (mad)

Views 6977
Web Statistic