Sabtu, 20 April 2024

Pemkot Surabaya Akan Bangun Kebun Raya Mangrove

Diunggah pada : 23 Februari 2018 11:20:31 2

Jatim Newsroom - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bekerja sama dengan Kementerian PU Perumahan Rakyat dan Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) berencana akan membangun Kebun Raya Mangrove (KRM) termegah dan menjadi yang pertama di dunia. Kebun raya mangrove rencananya akan menempati lahan di sekitaran pesisir pantai Gunung Anyar Surabaya.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan, proyek yang membanggakan bagi warga Surabaya iditargetkan akan mulai berjalan tahun ini. Luasya diperkirakan mencapai lebih dari 100 hektare, sedangkan untuk pengerjaannya akan dilakukan secara bertahap. Saat ini, sedang dilakukan pembebasan lahan untuk luasan KRM.

Pada 2018, rencananya akan dibebaskan 30 hektar, nanti digandeng sama tanah pemerintah kota seluas 30 hektare. Tahun 2019, Pemkot akan bebaskan 30 hektare lagi. “Jadi, kalau nanti bisa ngumpul bisa lebih dari 100 hektar,” kata Risma usai melakukan audensi bersama Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI)  di Surabaya, Kamis (22/2).

Risma mengatakan, proses pembentukan KRM akan dibantu dengan pihak Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kawasan pantai Gunung Anyar akan lebih intensif, selain menjadi kawasan observasi juga menjadi pusat pengkajian dan penelitian.

Disamping itu, di kawasan KRM ini nanti akan dibangun jembatan bambu yang melintas di atas bozem (waduk). Jembatan tersebut akan menghubungkan antara Kebun Raya Mangrove dengan Mangrove Information Center (MIC) Wonorejo.Pengembangan wilayah mangrove ini dipastikan menjadi KRM yang pertama di dunia. wilayah Surabaya banyak berada di wilayah pesisir pantai yang harus mendapatkan perlindungan dari abrasi dan banjir rob dengan hutan mangrove.

Sementara itu, Wakil Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI), Alexander Sonny Kerraf mengatakan, KRM ini selain menjadi kawasan konservasi berbagai spesies mangrove, juga menjadi wahana rekreasi yang green untuk warga Surabaya. Selain, desainnya ramah secara lingkungan juga akan ramah secara sosial.  Nanti KRM juga akan dilengkapi dengan jogging track, kanal-kanal sampan, dan dilengkapi dengan rekreasi untuk anak-anak. (Ryo/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait