Pemerintah Godog Skema Baru, Pensiunan ASN Bisa Sejahtera

UMUM | 12 Jul 2018 03:22:15 PM

Jatim Newsroom – Pemerintah sedang menggodog dan mengubah skema peraturan baru bagi para pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tetap sejahtera meskipun sudah memasuki purna tugas atau pensiun. Harapan dan kabar gembira dari pemberitaan media tersebut bisa menjadi kenyataan yang berdampak para pensiunan ASN tetap sejahtera  pada masa pensiun yang akan datang.  

Adapun skema yang sedang difinalisasi saat ini adalah skema fully funded oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang bisa membuat sistem pensiun ini bisa lebih baik dan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi para ASN.

Sebagai gambaran awal, dengan skema fully funded ini, nantinya dana pensiun dibayarkan bersama-sama antara ASN dengan pemerintah selaku pemberi kerja. Dengan begitu, ditargetkan dana pensiun yang diterima ASN bisa lebih besar dari yang sekarang. Seperti dicontohkan melalui skema fully funded pensiunan ASN setingkat pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) bisa menerima Rp 20 juta/bulannya.

“Kalau kabar gembira skema baru pensiunan terialisasi maka para pensiunan ASN akan tetap makmur kehidupannya Kerena Sekda pensiunannra Rp 20 Juta stafnya tidak jauh-jauh dari angka itu bisa Rp 10 juta,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jawa Timur, Eddy Santosa saat membuka Sosialisasi Pembekalan Pensiun ASN Kominfo bersama PT Taspen dan Mandiri Taspen (Mantab) dikantornya Surabaya, Kamis (12/7).

Kadis Kominfo menyambut baik kebijakan pemerintah yang sedang mewacanakan skema mengubah pola penggajian pensiun lebih baik lagi. Selama ini, ASN telah menyetor uang 10 persen per bulan dari gajinya dengan perincian untuk 8 persen taspen dan 2 persen untuk  asuransi kesehatan/BBJS. Melalui skema baru yang sudah dipublikasikan tersebut pengelolaan uang pesiun ASN akan dikelola lebih baik dan tetap bisa mensejahterakan para pensiunan ASN.

Sementara penyaji dari Layanan PT Taspen Surabaya, Robby Farandi memaparkan sosialisasi memberikan pemahaman hak dan kewajiban bagi para pensiunan. Sebab, jika waktu pensiunan sudah datang hak dan kewajiban masih tetap berjalan.bagaimana para ASN dalam menghapi masa pensiun dan menjalani masa pensiun.  Dalam melayani para pensiunan Taspen mengedepankan pelayanan tanpa adanya potongan maupun tagihan apapun terkecuali ada peminjaman dari mandiri taspen (Mantab)

Sementara program-program PT Taspen yang sisosialisasikan saat ini adalah asuransi dwiguna yang dikaitkan dengan usia pensiun ditambah dengan asuransi kematian. Kemudian program penghargaan atas jasa-jasa para ASN selama bertahun-tahun dalam dinas dpemerintahan, kemudian program perlindungan atas resiko kecelakaan kerja atau sakit akibat kerja berupa perawatan santunan dan tunjangan cacat. Selanjutnya program perlindungan atas resiko kematian bukan akibat kecelakaan kerja berupa santunan kematian.  

Kepala Cabang Pembantu Indranch PT Bank Mandiri Taspen (Mantap) Surabaya, Fenny Emilia mengatakan, saat ini Mantap mempunyai program memberikan kridit lunak dengan bunga 7-8 persen per bulan kepada para ASN akan memasuki masa pensiun maupun yang telah pensiun. Kredit tersebut bisa dimanfaatkan untuk modal berwirausa bagi para ASN yang sudah pendiun.

Sosialisasi diikuti oleh 40 ASN Diskominfo Jawa Timur yang akam memasuki masa pensiun mulai akhir 2018 sampai dengan tahun 2023. (ryo/upn/p) 

Views 179
Web Statistic