Pemerataan Ekonomi, Presiden Bagikan SK Perhutanan Sosial Pada Masyarakat di Tuban

UMUM | 09 Mar 2018 05:19:37 PM

Pemerataan Ekonomi, Presiden Bagikan SK Perhutanan Sosial Pada Masyarakat di Tuban

Foto: Sugeng JNR

Jatim Newsroom- Presiden Joko Widodo membagikan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial yang sudah dipergunakan sebagai ladang jagung oleh masyarakat di desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Tuban.

"Pemerintah sekarang ini terus membagikan lewat SK pengelolaan hutan untuk perhutanan sosial. Saya selalu kejar menteri kehutanan, segera bagikan hak pengelolaan, SK pengelolaan, jangan dibagikan ke yang 'gede-gede' terus, yang kecil-kecil segera dibagi sebanyak-banyaknya," kata Presiden di desa Ngimbang, Tuban, Jawa Timur, Jumat (9/3).

Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Iriana Joko Widodo didampingi Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan sejumlah pejabat lainnya menghadiri pembagian SK Perhutanan Sosial sekaligus panen jagung.

"Kemarin saya bagi-bagi tambak di Muaragembong Kabupaten Bekasi, ada 11 ribu hektare tambak yang dulu dikelola oleh yang gede-gede. Sekarang diambil alih dibagikan kepada masyarakat di sana, petani maupun petambak, tapi baru 80 hektare. Saya katakan segera 11 ribu hektare itu dibagikan semuanya cepat, jangan ditunda-tunda," ungkap Presiden.

Presiden juga mengajak dialaog kelompok tani, diantaranya dari kelompok tani dari Blitar. Dalam kesempatan tersebut Presiden menanyakan kembali pada petani terkait luas lahan perhutani dengan total luas 1400 hektar yang akan dimanfaatkan petani. “ Apakah 1400 hektar cukup, jika nanti masih nggak cukup, nanti keputusan Menteri saya lihat kembali,”ujarnya.

Hasil pembagian dari tambak tersebut menurut Jokowi juga ia terus pantau, sama seperti hasil dari pembagian lahan untuk ladang jagung di Tuban tersebut.

"Jangan pikir saya bagi-bagi ke sini tidak saya cek lagi, tapi yang ke sini itu intelijen, apa hanya basa basi atau tidak? Dicek kerja atau tidak? Kalau sama saya pasti ketahuan kerja atau tidak, setuju gak? Yang begini-begini pak gubernur pasti senang, Pak De Karwo pasti senang," tambah Presiden menyebut nama Gubernur Jawa Timur Sukarwo yang juga hadir dalam acara tersebut. (mad)

Views 1739
Web Statistic