Sabtu, 20 April 2024

Para “Kartini” TNI AL Jaga Kebugaran Dengan Latihan Fisik

Diunggah pada : 21 April 2018 9:24:06 31

Jatim Newsroom – Bagi jajaran Korps Wanita Angkatal Laut (Kowal) berlatih fisik dalam menjaga kebugaran tubuh tetap menjadi bagian rutin. Bahkan para “Kartini” di jajaran TNI AL termasuk Kowal dan ASN wanita juga tetap melatih kebugaran dengan tes kesamaptaan yang dilakukan rutin.

Uji kemampuan fisik atau Samapta kali ini dipimpin Letkol Laut (KH/W) Zahar Mahmudah di Lapangan Pasiran, Ujung Surabaya, Jumat (20/4). Perwira yang sehari-hari menjabat sebagai Ketua Pengurus Primer Koperasi Komando Armada RI Kawasan Timur sekaligus Perwira Tertua (Pater) Kowal Koarmatim itu memberikan komando dalam latihan fisik kali ini.

“Kegiatan samapta ini rutin dilaksanakan setiap enam bulan sekali dan wajib dilaksanakan oleh semua prajurit Koarmatim. Ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kemampuan, ketahanan fisik seseorang seiring dengan bertambahnya usia,” jelasnya.

Dengan demikian, diharapkannya prajurit Kowal dan ASN Wanita Koarmatim dapat menjaga ketahanan fisik agar dapat selalu tampil sehat dan prima. Pembinaan kesegaran jasmani tersebut, diawali dengan pemeriksaan kesehatan dan senam pemanasan.

Latihan fisik dilanjutkan dengan lari 12 menit, Set Up, Push Up, Pull Up dan Shuttle Run. Para peserta juga wajib mengikuti setiap tahap uji kemampuan tersebut sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. (afr/p)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait