Jumat, 19 April 2024

Pangdam V/Brawijaya Lepas Kapolda Jatim dengan Prosesi Pedang Pora

Diunggah pada : 19 November 2020 20:38:14 26

Jatim Newsroom - Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto, melepas Kapolda Jatim, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran, ýang akan pindah tugas sebagai Kapolda Metro Jaya. Pelepasan dilakukan dengan prosesi pedang pora di Makodam V/Brawijaya, Kamis (19/11/2020).
 
Prosesi serupa juga pernah digelar saat Kapolda Jatim, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran, melepas Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI (Purn) Widodo Iryansyah di Mapolda Jatim awal November lalu. Pelepasan dengan prosesi yang sama itu digelar saat Mayjen Widodo memasuki masa purna tugas dan digantikan Mayjen Suharyanto.
 
Apel dalam rangka pamitan Kapolda Jatim kepada warga TNI se-Garnisun Tetap III Surabaya itu, Irjen Fadil menjadi Inspektur upacara yang didampingi Mayjen Suharyanto. Kapolda mengatakan bahwa dirinya di masa jabatan terakhirnya mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh jajaran TNI Kodam V/Brawijaya dan jajaran TNI se-Garnisun Tetap III Surabaya.
 
"Terima kasih pada seluruh jajaran TNI atas terjalinnya sinergitas yang baik. Dukungan kolaboratif jajaran TNI - Polri sungguh sangat bermanfaat, sehingga kondisi di Jawa Timur tetap aman kondusif hingga ke pelosok desa," ujar Fadil.
 
Menurutnya, pandemi Covid-19 di Jatim dalam penularan serta penyebaran cukup tinggi. "Namun Alhamdulillah kasus aktif Covid 19 di Jatim bisa ditekan serendah mungkin. Ini semua berkat adanya kolaborasi yang kuat antara TNI dan Polri dalam menghadapi pandemi," ujarnya.
 
Fadil juga berpamitan untuk mengemban tugas baru sebagai Kapolda Metro Jaya. "Apabila ada kesalahan saya selama ini, saya memohon maaf. Saya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan moril dan materiil, tanpa dukungan TNI saya tidak bisa menjalankan tugas dengan baik sebagai Kapolda Jatim. Tentunya kebersamaan sinergitas akan bisa lebih baik untuk masyarakat," pungkasnya.
 
Pangdam V/Brawijaya menyebutkan, bahwa Irjen Pol Fadil Imran adalah sosok pemimpin yang profesional dan humanis. Di sisi lain juga sangat tegas dalam aturan serta mempunyai kedekatan emosional kepada elemen masyarakat di Jatim. Meski menjabat kurang lebih enam bulan, kata dia, Irjen Fadil sudah masuk ke segala komponen masyarakat.
 
"Seperti tokoh agama, seperti halnya Kyai Khos di Jatim, dan beliau sudah berintetaksi dan berhuhungan dengan baik. Terlebih lagi soal sinergitas TNI/ Polri. Dengan ini saya mewakili seluruh Prajurit TNI, mengucapkan selamat bertugas di tempat baru, sbagai Kapolda Metro Jaya," ucap Pangdam V Brawijaya Mayor Jendral TNI Suharyanto.
 
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan perpisahan, Kapolda Jatim mengikuti upacara perpisahan dengan tradisi Pedang Pora. Selain itu, Pangdam V Brawijaya, menghantarkan Kapolda Jatim ke Mapolda Jatim mengendarai mobil jeep terbuka dan mendapatkan salam perpisahan dari semua prajurit TNI Makodam V/Brawijaya. (afr/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait