Kamis, 28 Maret 2024

Pakde Karwo Raih Penghargaan Penasihat ASN Terbaik oleh Presiden RI

Diunggah pada : 29 November 2018 20:13:13 10

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, H Soekarwo berhasil meraih Penghargaan Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Award untuk kategori Penasihat KORPRI Provinsi Terbaik Tahun 2018. Istimewanya, penghargaan tersebut menjadikan ia sebagai gubernur pertama dalam sejarah yang meraih KORPRI Award sejak penghargaan digelar pertama kali pada 2016.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo kepada Pakde Karwo dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2018 yang mengambil tema “ KORPRI Melayani, Bekerja, dan Menyatukan Bangsa” di Gedung Istora Senayan, Jakarta, Kamis (29/11).

Diterimanya penghargaan ini disambut penuh syukur oleh Pakde Karwo. Gubernur kelahiran Madiun ini mengatakan, melalui penghargaan ini, pihaknya akan terus membina KORPRI Jatim agar semakin profesional, dan mandiri dalam mengelola kegiatannya. “KORPRI harus semakin maju, penuh inovasi, dan profesional manajemennya, melayani dengan baik, dan tidak kalah dengan swasta” katanya melalui siaran pers Humas Setdaprov Jatim.

Sementara dalam sambutannya, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo mengatakan, penghargaan ini sebagai pelecut semangat bagi seluruh anggota KORPRI, yakni para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar semakin profesional, dengan mengedepankan budi pekerti, dan etika sebagai garda terdepan dalam melayani masyarakat. Presiden Jokowi juga mengajak para ASN untuk menjadi motor penggerak pembangunan nasional, khususnya dalam menyongsong era industri 4.0.

“Kita dihadapkan pada perubahan sosial yang besar, KORPRI juga harus melakukan banyak penyesuaian dalam perubahan zaman. Revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, lanskap politik, dan lanskap budaya di seluruh dunia,” ujarnya.

Kedepan, lanjut Presiden Jokowi, pada 2019 pemerintah mulai menggeser program unggulan dari infrastruktur menjadi memperkuat sumber daya manusia (SDM). Karena itu, kualitas SDM di pemerintahan dan swasta, seluruh sektor dan lapisan masyarakat serta lingkungan remaja dan usia dini harus ditingkatkan secara signifikan.

“ASN harus segera memperkuat dan mempersiapkan diri menjadi agen transformasi penguatan SDM. Yakni, agen-agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa. Dengan jumlah ASN yang tersebar, transformasi kualitas SDM harus bisa berjalan dan memberikan hasil positif dalam kemajuan bangsa dan negara, dan kemajuan rakyat kita,” lanjutnya.

Selain Pakde Karwo, Presiden Jokowi juga memberikan penghargaan KORPRI Award Kategori Penasehat Korpri Kabupaten/Kota Terbaik 2018 kepada Bupati Kepahiyang, Bengkulu, Hidayatullah Sjahid. Selain itu, kategori Pengurus Provinsi Terbaik 2018 diterima Sekda Provinsi Jawa Tengah, lalu kategori Pengurus Kabupaten/Kota Terbaik 2018 dimenangkan oleh Dewan Pengurus Korpri Kota Bitung, dan Kategori Pengurus Korpri Kementerian Terbaik 2018 diraih oleh Dewan Pengurus Korpri Kementerian UKM.

Upacara yang diikuti sekitar 6.000 ASN ini dihadiri pula oleh beberapa Menteri Kabinet Kerja, diantaranya Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Mensos Agus Gumiwang, dan Menhub Budi Karya Sumadi. Hadir pula Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Pusat, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH, Sekjen DP KORPRI Pusat, Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, M.SIS, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Put)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait