Jumat, 19 April 2024

Pakde Karwo dan Gus Ipul Laksanakan Sholat Idul Fitri di MAS

Diunggah pada : 26 Juni 2017 9:24:12 5

Jatim Newsroom - Gubernur Jatim H Soekarwo dan Wakil Gubernur Jatim H Saifullah Yusuf bersama Forkopimda Jatim melaksanakan Sholat Idul Fitri di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Minggu (25/6) pagi. Sholat dimulai tepat pukul 06.00 WIB.

Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim didampingi oleh isteri Hj Nina Kirana Soekarwo. Demikian pula, Gus Ipul sapaan lekat Wagub Jatim juga didampingi isteri Ny Fatma Saifullah Yusuf. Hadir pula, Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Kepala Badan/Dinas/RS/Pimpinan Bank/KONI, Ketua PWNU, Muhammadiyah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat muslim. Sekitar 60 ribu jamaah mengikuti sholat secara khusuk tidak hanya menempati ruang utama dalam, tetapi juga di Selasar Masjid dan halaman luar atau area paving.

Bertindak sebagai khatib pada Sholat Ied adalah KH Agoes Ali Masyhuri dengan tema "Urgensi Cerdas Bersyukur". Sedangkan Imam Sholat Ied yakni H Abdul Hamid Abdullah, SH, MSi, Imam Besar Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.

Dalam tausiahnya, Gus Ali mengingatkan perlunya umat Islam untuk terus bertakbir dan bersyukur. Takbir berarti mengagungkan Allah dan mengecilkan apa-apa selain Allah. “Sering umat bertakbir dalam ibadah-ibadahnya, tetapi melupakannya di luar itu. Misalnya, di luar saat ibadah mereka mengagungkan kekayaan, kekuasaan, dan hawa nafsunya,” jelasnya.

Sementara itu, syukur merupakan sarana memanfaatkan dan memelihara karunia-Nya. Dengan hati yang bersyukur, jelasnya, akan memperkuat dan memantapkan kebaikan yang ada dan akan menghasilkan kebaikan yang belum ada.

Sholat Ied di Masjid Akbar menjadi tradisi rutin yang dilaksanakan baik oleh Pakde Karwo maupun Gus Ipul. Usai sholat, para jamaah bersalaman atau bersilaturahmi dengan kedua tokoh yang telah memimpin Jatim selama dua periode tersebut. (Mad/Put)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait