Jumat, 29 Maret 2024

Pakde Karwo : Adil dan Makmur, Cara Maknai Kemerdekaan HUT RI ke-72

Diunggah pada : 17 Agustus 2017 13:32:51 2

Jatim Newsroom - Upacara kemerdekaan HUT RI ke - 72 Provinsi Jawa Timur dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi Surabaya,  Kamis (17/8). Dalam upacara tersebut, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo memberikan pandangannya dalam memaknai kemerdekaan RI.

Pakde Karwo, sapaan akrab gubernur, menjelaskan, seperti yang dituliskan Presiden Soekarno bahwa ini salah satu jembatan emas dengan memaknai konsep adil dan makmur. "Mengapa adil didahulukan, karena jika hanya makmur saja,  maka akan terjadi kesenjangan dan disparitas," ujarnya.

Ia menjelaskan, adil diwujudkan dengan membela dan memperjuangkan kaum yang lemah. Hal itu, kata dia, bentuk pemerataan yang menjadi tugas dan kewajiban pemerintah agar rakyat yang tidak mampu tidak semakin dilemahkan tapi harus dibantu.

Gubernur juga menegaskan kembali rasa terima kasih atas segala nikmat kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu bangsa. "Kita patut bersyukur dan berterimakasih pada pejuang kita dan tugas kita saat ini mengisi kemerdekaan dengan membangun bangsa agar lebih kuat," tuturnya.

Dalam prosesi upacara yang dilakukan di Grahadi juga berlangsung lancar dan khidmat. Dimulai dengan dentuman meriam sebanyak 17 kali sebagai peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan tepat pukul 10.00 WIB.

Dilanjutkan dengan prosesi pengibaran bendera Merah Putih oleh 70 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).  Pasukan dibagi menjadi tiga kelompok,  yakni pasukan 17 dan 45 sebagai pengawal dan pasukan delapan sebagai tim pembawa dan pengibar bendera.

Usai upacara digelar selama satu jam,  kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Gubernur beserta istri yang diserahkan pada veteran pejuang kemerdekaan. Ramah tamah dengan para pejuang juga diisi dengan bernyanyi bersama lagu keroncong dan lagu nasional.(afr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait