Jumat, 19 April 2024

Pahlawan Zaman Now Ala Gus Ipul

Diunggah pada : 19 November 2017 12:08:38 44

Jatim Newsroom - Di bulan November ini, Kota Surabaya atau yang dikenal sebagai Kota Pahlawan menjadi pusat perhatian seluruh Indonesia atas ukiran sejarah perjuangan 10 November. Pasca kemerdekaan, masa revolusi, orde baru, hingga reformasi, jiwa kepahlawanan masih terus didengungkan. Di era milenial abad 21 ini, Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf memiliki pandangan terkait Pahlawan Zaman Now.

Pemaknaan Gus Ipul, sapaan akrab Wagub, tentang Pahlawan konteks kekinian itu dituangkan dalam puisi. Dengan judul Pahlawan Zaman Now, karya sastra yang diciptakan Wagub dua periode itu juga dibacakannya saat Konser Kebangsaan RRI di Lapangan Kodam V Brawijaya, Sabtu (18/11) malam. Berikut ini puisi karya Gus Ipul tersebut :

“Pahlawan Zaman Now”

Pahlawan zaman now tak harus punya bedil, yang penting punya skill. 
Gak cuma modal sikil, gak cuma berani tampil, tapi kudu trampil. 
Pahlawan zaman now, 
Walaupun namanya tak dijadikan nama jalan, tapi dia selalu buka jalan dengan ilmunya dan karyanya dan juga hatinya
Sedulur sing loro diparingi tetombo
Sedulur sing luwe diajak mangan
Sedulur sing frustasi diparingi solusi
Sedulur sing nganggur diajak makaryo kabeh
Sedulur diajak mangan
Sedulur sing galau diajak medang
Sedulur sing frustasi diparingi solusi
Sedulur sing nganggur diajak makaryo kabeh ben iso makmur sak Jawa Timur

Wagub Jatim ini mengakui, puisi yang dibawakan tak sebagus Penyair populer asal Sumenep yang juga hadir membacakan karyanya dalam Konser kebangsaan. “Puisi saya ini memang tak sebagus Kyai Zawawi Imron,” jelas Gus Ipul.

Namun, Gus Ipul bersyukur, hidup di jaman kemerdekaan saat ini diberi warisan yang luar biasa oleh para pahlawan, pejuang dan pendiri bangsa.
“Para pendiri bangsa bisa bisa bebaskan republik ini dari penjajahan,” tuturnya. 

Untuk itu, dihadapan penonton, ia mengharapkan agar mereka menjaga persatuan dan kesatuan, agar bsia menjadi pemenang di masa yang akan datang. Konser Kebangsaan RRI disaksikan ribuan penonton yang datang dari berbagai daerah di Jawa Timur dan luar Jawa.

Dalam kegiatan hiburan tersebut, sejumlah artis ikut meramaikannya, diantaranya grup musik Ada Band, Boomerang, Bintang Radio RRI dan para seniman ludruk dan teater yang mementaskan perjuangan di era 1945. Konser Kebangsaan yang mengusung tema “Berkarya dengan Semangat Kebangsaan“ itu disiarkan live di Pro 1 dan Pro 2 RRI Se-Indonesia, dan dihadiri para pejabat dari Kodam V Brawijaya, Pemprov dan DPRD Jatim serta jajaran pejabat RRI. (afr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait