Kamis, 28 Maret 2024

Pada 2030, Dinkes Jatim Targetkan Angka Penemuan Baru TB Capai 90 Persen

Diunggah pada : 19 September 2018 12:37:35 2

Jatim Newsroom–Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur menargetkan angka penemuan baru TB atau Case Detection Rate (CDR) sudah mencapai 90 persen. Saat ini, berdasarkan data Dinkes angka CDR di Jatim masih  43 persen.

“Kami ingin pada 2030, TB sudah pada fase eliminasi di Jatim. Sejumlah upaya yang nantinya disiapkan berupa aksi-aksi yang langsung menyentuh masyarakat,” kata Kepala Dinkes Jatim, Kohar Hari Santoso, Rabu, (19/9).

Ia mengimbau masyarakat apabila menderita batuk  yang tidak kunjung sembuh hingga 2 minggu segera memeriksakan diri diagnosa lebih lanjut untuk memastikan terinfeksi TB atau tidak. Hal ini perlu menjadi pemahaman dan kesadaran bersama sebagai bagian dari upaya preventif agar TB tidak semakin meluas penyebarannya.

Lebih lanjut, Kohar menambahkan pihaknya mengapresiasi seluruh pihak yang selama ini turut membantu menangani TB di masyarakat seperti upaya Pimpinan Wilayah Aisyiah Jatim  melalui Care Aisyiah. “Kerjasama ini terus diperluas agar semakin banyak penderita TB yang terobati hingga sembuh,” tandasnya. (luk/s)

 

 

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait