Jumat, 19 April 2024

Pacitan Paradise Of Java Meriahkan Parade Surya Senja Grahadi

Diunggah pada : 18 Februari 2020 5:13:46 8

Jatim Newsroom - Hujan yang mengguyur halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, tidak mengurangi semangat para penampil dalam unjuk gelar Parade Surya Senja (PSS) serta kekhidmatan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, Senin (17/02).

Atraksi pertama dibuka oleh Drum Band (DB) TK Pertiwi Teladan Ngagel Tama Surabaya, dilanjutkan TK TK Al Wahyu Dukuh Menanggal Surabaya, dan Tari Sayuk Rukun dari SDN Manukan Kulon Surabaya, DB Bahana Swara Gunung Lima SMP Negeri I Kebon Agung Purwosari Pacitan dan terakhir Marching Band Gema Smart SMK Antartika 2 Sidoarjo.

Performa DB Bahana Swara Gunung Lima dari Pacitan tampil mengusung tema Paradise Of Java dalam harmoni nada dan penari latar yang mendiskripsikan potensi kekayaan alam Pacitan yang juga disebut Bumi Pace Sak Pangetan ini. Pacitan menampilkan lagu pembuka yang memadukan kreasi seni gerak dan nada dikolaborasi musik gamelan dengan penari yang menggambarkan muda-mudi. 

        Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, Benny Sampirwanto, yang bertindak selaku Inspektur Upacara, setelah menyaksikan unjuk gelar PSS mengatakan, kegiatan Parade Surya Senja ini merupakan fasilitasi dari Pemprov. Jatim untuk mewadahi potensi-potensi terbaik dari kabupaten dan kota di Jatim. Kegiatan ini digelar setiap tanggal 17 sore diikuti berbagai daerah di Jatim dengan menampilkan atraksi menarik berupa drum band yang dikolaborasikan dengan kesenian lokal dari daerah setempat.

“Diharapkan tentu dari daerah bisa lebih memperkaya kreativitas dalam setiap penampilan dalam kemasan yang berbeda sesuai dengan tema yang akan ditampilkan, seperti yang di tampilkan oleh Kabupaten Pacitan dan Sidoarjo tersebut,” ujar Benny.

         Sedangkan dalam Upacara Penurunan Bendera Merah Putih setiap tanggal 17 sore ini, merupakan kegiatan untuk memupuk semangat patriotisme dan nasionalisme bagi generasi muda dari pelajar hingga mahasiswa. Bendera Merah Putih merupakan lambang yang menunjukkan harkat sebuah bangsa sehingga sesuai dengan prosedur tata upacara pada saat dikibarkan dan diturunkan dilakukan penghormatan. "Bendera itu menunjukkan harkat sebuah bangsa maka dilakukan penghormatan dan sikap ini ditanamkan kepada para pelajar saat mengikuti upacara bendera seperti ini" ujarnya.

       Bertugas sebagai Komandan Upacara Kautsar Sah Putra anggota Resimen Mahasiswa Universitas Negeri Jember dengan peserta upacara kompi SMAN I Waru Sidoarjo, SMA Hang Tuah I Surabaya, SMAN 15 Surabaya, SMPN Bauretno Bojonegoro, Pramuka dan peleton mahasiswa Universitas 17 Agustus Surabaya. Petugas penurun bendera pelajar SMAN I Waru Sidoarjo, upacara diiringi oleh Korps Musik Satpol PP Prov. Jatim. (pno/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait