Oktober, Tol Waru - Juanda Terapkan Sistem Pembayaran Non Tunai

UMUM | 14 Sep 2017 08:41:43 AM

Jatim Newsroom - Operator jalan tol Waru-Juanda mulai Oktober 2017 tidak melayani pembayaran secara tunai. Sebaliknya, semua kendaraan yang akan melintasi jalan tersebut harus membayar dengan sistem non-tunai atau e-money.

Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) saat ini memang terus digalakkan di layanan tol di Kota Surabaya. Gerakan non-tunai tersebut sekarang juga sudah dilakukan secara bertahap di ruas tol menuju Bandara Juanda. Saat ini, empat gardu tol non-tunai sudah dioperasikan sekaligus. “Gardu tol non-tunai di pintu tol Menanggal sudah kami operasikan. Ini khusus pengguna e-money, cukup tapping langsung bablas,” terang Humas PT Citra Margatama Surabaya (CMS) selaku operator Tol Waru-Juanda Surabaya, Zulhair, Kamis (14/9)

Dengan sistem tersebut, dari pantauan di lokasi, nyaris antrean di gardu tol untuk non-tunai berjalan sangat lancar. Hanya sekitar lima detik pergerakan setiap kendaraan di tol yang berada di tengah kota tersebut. Ini berbeda dengan tiga gardu tol tunai yang masih banyak dipenuhi antrean kendaraan roda empat atau mobil.

Setiap hari, ada sekitar 48 ribu kendaraan yang melintas di tol Juanda. Namun, hanya 14 persen yang selama ini menggunakan layanan non-tunai. “Hal tersebut merupakan tantangan kami untuk menyukseskan gerakan nasional non-tunai. Bulan Oktober besok, kami menargetkan semua layanan (di tol) harus non-tunai. Semua gardu tol akan dilayani dengan sistem non-tunai.” Katanya.

Dua gardu tol non-tunai sudah dibuka khusus di pintu Menanggal. Dua gardu yang sama juga sudah dibuka di pintu Bandara Juanda. Semuanya dilakukan untuk memangkas antrean masuk tol. “Kami memang masih membuka gardu tunai, namun kami akan ganti dengan gardu non-tunai secara bertahap,” imbuh Zulhair.

Sebelumnya, pembayaran tol Waru-Juanda menggunakan sistem non-tunai sudah diperkenalkan pertama kali pada bulan November 2016 lalu. Pembayaran masuk ruas jalan tol tersebut bisa menggunakan kartu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA. Implementasi e-payment multi-kartu diharapkan tidak hanya mampu meminimalisasi kemacetan di ruas gerbang tol, tetapi juga diharapkan bisa memberikan nilai kepraktisan dan kenyamanan bagi pengendara.(mad)

Views 279
Web Statistic