Nina Soekarwo Resmikan Lima Taman di RSUD Dr Soetomo

UMUM | 13 Oct 2017 02:00:40 PM

Nina Soekarwo Resmikan Lima Taman di RSUD Dr Soetomo
Foto : Busan JNR

Jatim Newsroom – Ketua Yayasan Kanker (YKI) Provinsi Jawa Timur sekaligus Ibu Paliatif Indonesia, Hj Nina Soekarwo meresmikan lima taman baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo, Jumat (13/10). Kelima taman yakni, Taman Bermain Kirana, Taman Toga Medika, Kirana Hospital Scholing, Taman Kirana dan Taman Balita.

“Kami mengapresiasi inisiatif RSUD Dr Soetomo dan CSR perusahaan yang telah membuat taman hijau dan lahan bermain untuk pasien. Sangat bermanfaat untuk mendukung perawatan paliatif,” kata Nina yang akrab disapa Budhe Karwo pada Jatim Newsroom usai acara peresmian.

Ia menuturkan, peresmian lima taman yang bertepatan dengan Hari Paliatif Sedunia, pihaknya berkomitmen meningkatkan pendampingan pada anak-anak, ketersediaan perawatan rumah, kesadaran dan pemahaman kebutuhan dalam pelayanan medis, mengumpulkan dana, mendukung dan mengembangkan layanan rumah paliatif.

Jatim, sambung Budhe Karwo, sudah melakukan banyak hal untuk membantu penyandang kanker dan memberi perhatian yang cukup melalui kerjasama dengan RS Soetomo dan YKI Jatim. Selain itu, YKI Jatim juga bekerjasama dengan yayasan Paliatif Surabaya untuk komunitas peduli kanker. “Jika harus berhadapan dengan tanda-tanda kanker, jangan takut karna kanker bisa diobati dan disembuhkan asalkan mendapat penanganan, cara dan waktu yang tepat. Bagi yang terkena kanker, mohon jangan berputus asa, harus tetap semangat dan sabar menjalani perawatan,” ucapnya.

Budhe Karwo menjelaskan, dalam waktu dekat YKI Jatim akan melaksanakan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara. Ia menargetkan sebanyak 132.000 orang mengikuti deteksi dini untuk meminalisasi angka korban kanker. Seluruh pemeriksaan dapat diikuti secara gratis tanpa dipungut biaya. “Sampai saat ini yang sudah diperiksa masih 132.000 orang,” katanya.

Ia mengimbau agar masyarakat lebih peduli pada sehatan tubuh. Salah satunya selalu menerapkan gaya hidup sehat dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar. Misalnya dengan menjaga pola makan, istirahat yang cukup dan tidak lupa berolahraga.

Selain Budhe Karwo, hadir pula dalam kesempatan ini, Ketua Masyarakat Paliatif Indonesia Urip Murtedjo, Direktur RSUD Dr Soetomo, Harsono, Kepala Dinas Kesehatan, Kohar Hari Santoso dan istri Sekdaprov Jatim, Chairani Ahmad Sukardi dan ratusan masyarakat. (luk)

Views 825
Web Statistic