Jumat, 29 Maret 2024

Nina Soekarwo Apresiasi Si-Gempal dari Lumajang

Diunggah pada : 9 November 2018 4:39:07 27

Jatim Newsroom - Tag line Si-Gempal atau Aksi Gerakan Kembali ke Pangan Lokal dari Kabupaten Lumajang dalam ajang Lomba Cipta Menu Peringatan Hari Pangan Sedunia Ke 38, mendapatkan apresiasi dari Bu De Karwo (Hj. Nina Soekarwo).
 
Istri Gubernur Jatim tersebut memberikan penghargaan atas komitmen Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam menggalakkan kembali untuk mengkonsumsi produk pangan lokal dengan memproduksi dan mempromosikan olahan makanan yang bersumber dari kearifan lokal khususnya Lumajang.
 
"Saya dan jajaran Tim Penggerak PKK Provinsi, mengapresiasi komitmen Pemkab.Lumajang menggalakkan olahan pangan lokal melalui Si-Gempal dan saya titip kepada Ibu Ketua TP.PKK Kabupaten (Ny.Hj.Musfarinah Nuryatin) untuk membantu program in" terang Hj. Nina Soekarwo, pada saat mengunjungi booth Kabupaten Lumajang dalam Pameran HPS..di JX., Surabaya.
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lumajang, Paiman menjelaskan, program Aksi Gerakan Kembali ke Pangan Lokal sudah berlangsung sejak tahun 2009 yang mengacu Peraturan Presiden No.22 Tahun 2009 Tentang Kebijakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal. Lumajang dengan sumber daya alamnya, termasuk ketersediaan bahan pangan yang hampir semua ada sangat tepat untuk melaksanakan program ini, Pemkab.Lumajang melalui Dinas Ketapang (Ketahanan Pangan) berkomitmen melalui program  Si-Gempal untuk diterapkan secara nyata.
 
Potensi bahan pangan lokal selain pisang, juga harus lebih digalakkan menjadi komoditas pangan, salah satunya salak pronojiwo. "Pangan lokal tidak selalu dikonotasikan makanan polopendhem saja, tetapi juga bahan pangan lokal yang lain yang ada di daerah itu namun belum dimanfaatkan sepenuhnya" terang Ir.Paiman, Kamis (08/11).
 
Mantan Kadis Pertanian Lumajang itu menambahkan dalam Lomba Cipta Menu Peringatan HPS Ke 38 tahun 2018 ini, Kabupaten Lumajang mengirim TP.PKK. Kecamatan Senduro dan Kantin Sekolah Dasar Negeri Kutorenon 01 Kecamatan Sukodono yang mewakili Lomba Kantin Sekolah Sehat. (pno)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait