Kamis, 28 Maret 2024

Menristek Dorong UNAIR Tingkatkan Ekosistem Riset dan Inovasi

Diunggah pada : 12 November 2019 9:08:43 1

Jatim Newsroom- Sidang Universitasmenjadi salah satu kegiatan puncak dari peringatan Dies Natalis ke-65 Universitas Airlangga.Dalam sidang yang dilaksanakan di Aula Garuda Mukti Kantor Manajemen Kampus C UNAIR pada hari Senin (11/11),hadirlangsungProf. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., MUP., Ph.D. sebagai Menteri Riset dan Teknologi Badan Riset Teknologi Inovasi Nasional.

“Saya mengapresiasi perkembangan dari UNAIR yang telah berkontribusi melahirkan ratusan ribu sarjana serta menghasilkan riset dan inovasi untuk mendukung pembangunan nasional dimasa sekarang maupun dimasa yang akan datang, “ujar Menristek, Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., MUP., Ph.D. dihadapan Rektor UNAIR Prof. Nasih, jajaran pimpinan UNAIR, guru besar, dan seluruh hadirin siding.

Ia mengatakan Indonesia saat ini telah masuk dalam Ekonomi G20, Indonesia masih merupakan negara yang berstatus Middle Income Economy dengan Gross Domestic Product (GDP) yang masih rendah diantara negara-negara G20 lainnya.

Tingkat daya saing kita dalam indeks daya saing global hanya pada rangking ke-50 sedangkan dalam indeks inovasi global dirangking 86, dan indeks pengembangan manusia hanya dirangking 116.

Pada tahun 2045 Indonesia sebagai negara dengan kategori pendapatan tinggi dan masuk dalam lima besar GDP terbesar didunia yaitu dengan cara membangun Indonesia yang adaptif, kompetitif, inovatif, dan produktif melalui penguatan ecosystem researchdan inovasi khususnya di perguruan tinggi.

“Indonesia memiliki kekayaan yang sangat signifikan, yang belum dikelola dan dimanfaatkan, sehingga diperlukan perubahan paradigma untuk kedepan dengan SDM yang unggul, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengubah paradigma ekonomi Indonesia dari Resource-Based Economy menjadi Inovation-Based Economy,”tambahnya, dalam rilis UNAIR, Selasa(12/11).

Satu hal yang sangat penting menurutnya adalah menerapkan konsep ekonomi berbasis inovasi yang pada intinya adalah memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengelola dan melaksanakan sektor-sektor produksi nasional, inovasi harus dilakukan melalui sinergi antar stakeholder nasional yaitu akademisi, bisnis, dan pemerintah. (mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait