Jumat, 29 Maret 2024

Media Edukasi Masyarakat, Banyuwangi Resmikan Even Culture Everyday

Diunggah pada : 18 Januari 2020 12:16:52 34

Jatim Newsroom - Melestarikan seni dan budaya lokal serta sebagai media edukasi bagi masyarakat, Banyuwangi luncurkan even Culture Everyday, Jumat (17/1) malam. Beragam atraksi seni dan tradisi yang ditampilkan di alun-alun kota Taman Blambangan nantinya bakal menjadi tontonan menarik bagi wisatawan. 

“Banyuwangi Culture Everyday akan menjadi atraksi wisata yang menarik bagi wisatawan. Setiap malam akan hadir beragam seni budaya lokal yang ditampilkan dengan menarik,” kata Bupati Abdullah Azwar Anas saat meluncurkan even. 

Anas mengatakan selain menjadi atraksi wisata, Banyuwangi Culture Everyday merupakan sarana edukasi sekaligus panggung bagi pelajar daerah untuk menampilkan minat dan bakatnya. Karena talent pertunjukkan tersebut merupakan pelajar dari tingkat SD hingga SMA baik dari sekolah negeri, swasta hingga sekolah berbasis komunitas agama. 

Event ini menjadi wadah bagi siswa untuk mengaktualisasikan potensi seni dan kreatifitas mereka. Sekaligus menjadi wadah untuk mengasah jiwa inklusi yang bersahabat dengan keragaman. Di sini mereka akan bertemu hingga berkolaborasi dengan teman-teman sebaya dari beragam ras, suku dan agama yang ada di Banyuwangi.

Ditambahkannya, selain menampilkan seni tradisi khas Banyuwangi, dalam satu minggu sekali akan ditampilkan seni budaya nusantara yang dibawakan oleh pelajar Banyuwangi.  Adanya penambahan pertunjukkan seni budaya dari berbagai daerah Indonesia di event ini, juga akan menjadi edukasi bagi siswa tentang keragaman yang ada di Indonesia.

Pertunjukkan perdana Banyuwangi Culture Everyday menampilkan beragam talenta para pelajar seperti Tari Kreasi Nggayuh Swargane Urip, Fashion Show Batik karya Pelajar, Paduan Suara, Tari Rampak Kuntul dan Tari Barong.

Acara berlangsung di Lorong Bambu yang merupakan spot instagramable terbaru di area kota. Lorong bambu ini merupakan instalasi seni berupa terowongan yang terbuat dari ornamen bambu yang dilengkapi membran yang menutupi atapnya. Sangat unik. Pertunjukkan Banyuwangi Culture Everyday akan berlangsung selama satu tahun, tiap Senin – Jumat. (put)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait