Sabtu, 20 April 2024

Marinir Indonesia dan Amerika Gelar Latihan Bersama

Diunggah pada : 12 Juni 2019 19:43:14 28

Jatim Newsroom - Dalam rangka mempererat kerjasama, Korps Marinir TNI AL – Marinir Amerika Serikat menggelar latihan bersama di Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo. Latihan bersama yang bertajuk Subject Mather Expert Exchange (SMEE) Neo dan R2P2 Tahun Anggaran 2019 tersebut secara resmi dibuka oleh Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono yang diwakili Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir Agus Gunawan Wibisono.
 
“Kerjasama bidang pertahanan antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Amerika Serikat telah berjalan cukup lama dari waktu ke waktu. Dimana salah satu bentuk kerjasama tersebut yaitu penyelenggaraan latihan bersama antara TNI AL,  dalam hal ini Korps Marinir Indonesia dengan United States Marine Corps/United States Marine Pacific (US MARFORPAC),” kata Dankormar, Rabu (12/6).
 
Lebih lanut dikatakan bahwa penyelengaraan latihan bersama tersebut dengan tema latihan "Korps Marinir Melaksanakan Subject Matter Expert Exchange (SMEE)  tentang Non-Combatant Evacuations Operations (NEO)  dan Rapaid Reponse Planing Process (R2P2) Tahun Anggaran 2019 di Sidoarjo dalam rangka meningkatkan kerjasama (Marines Brotherhood). Ia pun menyambut gembira dan bangga atas digelarnya latihan tersebut.
 
“Dengan kegiatan latihan ini, Korps Marinir TNI AL akan dapat lebih memantapkan eksistensi pembinaan dan peningkatan kemampuan jajarannya. Hal ini guna mewujudkan pencapaian tugas secara maksimal. Selain itu, ini merupakan wujud kepercayaan yang diberikan Satuan atas kepada Korps Marinir,” katanya.
 
Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Amerika Serikat dalam hal ini ODC atas kerjasama dan perencanaan latihan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Ucapan serupa juga disampiakan kepada Sopsal Mabesal yang telah ikut bersama-sama merencanakan dan menyiapkan, sehingga latihan dapat terselenggara.
 
Kepada delegasi USMC, orang nomor satu di Korps Marinir itu menyampaikan ucapan selamat datang di Indonesia khususnya di Kesatian Marinir R.Suhadi Gedangan, Sidoarjo yang merupakan basis para Petarung jajaran Pasmar 2 Korps Marinir Indonesia. “Selamat berlatih, semoga bukan saja menambah peningkatan kemampuan dan keahlian, namun akan lebih memahami Indonesia khususnya Korps Marinir TNI AL sehingga dapat menjadikan hubungan yang lebih harmonis dan persaudaraan (Marines Brotherhood) serta menjadi kenangan yang sangat berharga,” tegasnya.
 
Ia juga berharap dengan dilaksanakannya latihan bersama, akan terwujudnya pemahaman dalam melaksanakan NEO serta terwujudnya pemahaman dalam mengaplikasikan R2P2 dalam Oprasi Militer termasuk dalam NEO. Jendral TNI bintang dua itu juga menekankan kepada seluruh peserta latihan agar melaksanakan latihan dengan penuh  motivasi dan dedikasi yang tinggi serta memiliki rasa tanggung jawab.
 
“Utamakan faktor keamanan untuk mencapai Zero Accident. Gunakan dan ikuti dengan seksama prosedur keamanan dan mekanisme latihan sesuai dengan rencana pengamanan latihan yang berlaku dan menciptakan hubungan personal atau silaturahmi antara sesama Marinir guna mewujudkan Marines Brotherhood,” pungkasnya.
 
Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat), Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo mengatakan latihan bersama tersebut akan berlangsung hingga 17 Juni 2019 di Mako Yonif 3 Marinir. Adapun peserta latihan sejumlah 40 orang, dengan rincian 28 prajurit Korps Marinir TNI AL, 3 prajurit USMC, 4 orang narasumber dari Kemenlu dan BPBD/SAR dan 5 orang Observer dari Mabesal dan Kormar. (afr/s)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait