Jumat, 29 Maret 2024

Mahasiswi UINSA Wakili Jatim Pada Putri Pendidikan Tingkat Nasional

Diunggah pada : 13 Maret 2018 17:55:42 97

Jatim Newsroom – Delegasi UIN Sunan Ampel Surabaya atas nama Ulfi Nurfaiza Mahasiswi, Ilmu Komunikasi  (Ilkom) Fakultas Dakwah dan Komunikasi kembali menorehkan prestasi. Kali ini sebagai  pemenang Puteri Pendidikan Jawa Timur 2018 dan mewakili Jawa Timur di Tingkat Nasional.

Prestasi ini diraih, setelah melakukan penyeleksian ketat di tingkat Provinsi mulai dari pengumpulan essay terkait Indonesia Cerdas atau Generasi Emas. Dilanjutkan pengumpulan berkas, seleksi wawancara, serta sesi Question and Answer.

Pemilihan Putera-Puteri Pendidikan Indonesia ini merupakan ajang edisi kedua penyelenggaraan kontes pencarian pemuda cerdas, memotivasi, inspiratif, nasionalis dan kepemudaan yang diselenggarakan (IPPI) Ikatan Pemuda Prestasi Indonesia. Putera-Puteri Pendidikan sendiri merupakan Kontes Pendidikan pertama di Indonesia yang memiliki advokasi tentang Pendidikan dan Kebudayaan. Terdapat beberapa materi yang dimunculkan pada ajang ini.

Nike Kamarubiani, salah satu juri menjelaskan, Penilaian Pemilihan Putera dan Puteri Pendidikan Indonesia 2018 mengacu pada penilaian BEST (Behavior, Beauty, Energgetic, Smart and Talented), Charismatics, and Characteristics. Tujuannya menghasilkan generasi muda yang tidak hanya cantik dan berbakat tetapi juga mampu berpikir kritis serta menjadi agen perubahan atau agen of change yang diharapkan. “Karena itu, Tema ajang pemilihan putea-puteri pendidikan Indonesia tahun 2018 yakni ‘’Generasi Emas untuk Indonesia Cerdas’’ terangnya, Selasa (13/3).

Sementara itu, Ulfi Nurfaiza sebagai perwakilan Jawa Timur menunjukkan kemampuan Speech Competition terkait Progam kegiatan kontribusinya. Yakni Gerakan Rumah Literasi ‘Warna’ (Warga Ringinanom) di daerah Ringinanom Kademangan Blitar dan gagasan Pendidikan Enterpreneurship. Karya inilah yang akhirnya mampu meyakinkan dewan juri dan membawa  Ulfi Nurfaiza menjadi Best Speech Duta Pendidikan Indonesia 2018.

Selain itu, dalam National Costume Competition, Delegasi UIN Sunan Ampel Surabaya juga membawakan salah satu budaya khas Jawa Timur yakni Tari Emprak yang berasal dari daerah Blitar Jawa Timur. Tarian ini merupakan tari garapan baru yang bersumber dari kesenian tayub dan Jaranan yang berfungsi sebagai tari selamat datang atau penyambut Tamu.

Adapun dalam sesi Unjuk bakat, Ulfi Nurfaiza menunjukkan kemampuan presenter dengan bahasa Jawa Timur disertai menyanyi. Hal ini, disampaikan Ulfi Nurfaiza, sebagai langkah mempromosikan budaya Jawa Timur kepada seluruh delegasi Indonesia dalam Pemilihan Putera Puteri Pendidikan Indonesia 2018. “Tidak terbayang sebelumnya akan mendapatkan juara. Saya Syukur dan senang. Saya berharap kedepannya dapat menyumbangkan lebih banyak  prestasi dalam kejuaraan lainnya,” ujar Ulfi Nurfaiza sumringah. (mad)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait