Jumat, 19 April 2024

Loemadjang Djaman Djadoel Daya Tarik Wisata Baru

Diunggah pada : 10 Desember 2018 20:31:15 26

 

Jatim Newsroom - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq berharap event "Loemadjang Djaman Djadoel" yang merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Lumajang, dapat menjadi destinasi wisata budaya.

"Kami berharap Loemadjang Djadoel menjadi destinasi wisata yang dapat disinggahi masyarakat secara nasional," kata Thoriqul Haq saat pembukaan Loemajang Djaman Doeloe di Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT), Sabtu  (8/12).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menggelar even "Loemadjang Djaman Doeloe (Djadoel)" yang merupakan tahun keempat dalam rangka memperingati Hari Jadi Lumajang ke-763 yang digelar 8-10 Desember 2018

Dalam kegiatan tersebut, masyarakat diingatkan kembali memori-memori zaman dulu dan diharapkan dapat menjadi media perekat rasa cinta dan semangat gotong royong dalam rangka membentuk karakter positif generasi zaman sekarang di Kabupaten Lumajang.

"Tahun ini tidak hanya berbagai pameran saja yang bisa dinikmati masyarakat, namun juga berbagai pelayanan juga turut dihadirkan dalam even Loemadjang Djadoel. Kegiatan itu menjadi daya tarik perekonomian baru, ada produk-produk UKM yang dapat dilihat dan ada juga berbagai pelayanan seperti administrasi kependudukan, donor darah, pelayanan KB," tuturnya.

Ia berharap nantinya kegiatan itu dapat diselenggarakan dalam skala nasional. Sehingga pihaknya minta Dinas Pariwisata Provinsi nantinya bisa mengkomunikasikan dengan Kementerian Pariwisata untuk berkolaborasi mengadakan Loemadjang Djadoel dalam skala nasional, sehingga wisatawan dari luar daerah bisa berkunjung.

Sementara Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati mengatakan, pelaksanaan kegiatan Loemadjang Djadoel tahun depan bisa berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata.

"Loemadjang Djadoel patut untuk dilestarikan dan dikembangkan sebagai sarana memamerkan produk UMKM dan produk unggulan asli Lumajang," katanya.

Ketua Panitia Pelaksana Indriyanto menjelaskan bahwa dalam acara itu dipamerkan  perkampungan Lumajang zaman dulu, permainan tradisional, kuliner dan berbagai spot menarik untuk berfoto. Bahkan masyarakat yang hadir dalam kegiatan itu diharapkan memakai pakaian zaman dulu.

"Pameran potensi kepariwisataan, ekonomi industri, daya tarik pariwisata dan seni budaya yang bertujuan mengenalkan potensi Lumajang dan meningkatkan perekonomian masyarakat Lumajang, Terdapat sekitar 206 stand yang berpartisipasi dalam kegiatan tahunan tersebut, baik dari dalam dan luar Kabupaten Lumajang," ungkapnya, (hjr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait